Breaking News

Empat Pimpinan DPRD Padang Dilewakan

Dirgantara ~ Aksi unjuk rasa mewarnai rapat paripurna DPRD Kota Padang, dalam melewakan ketua definitive dan penetapan struktur fraksi-fraksi DPRD kota Padang periode 2014-2019. Sejumlah anggota organisasi Pusat study Alternatif  Nagari (Pusaran) dan Forum Lintas PAC partai Gerindra Kota Padang membludak dihalaman gedung DPRD Kota Padang.

Sekdako Padang juga menghadiri rapat paripurna tersebut.  ini merupakan penetapan masa peralihan jabatan dari Jabatan Pimpinan sementara menjadi  jabatan definitif. Begitu juga dengan Kelompok- kelompok partai yang dibentuk sebelumnya, menjadi fraksi-fraksi.

Keempat pimpinan DPRD yang dilewakan, Ketua DPRD Padang, dijabat oleh Erisman, dan tiga Wakil Ketua, yakni Asrizal, Wahyu Iramana Putra dan Muhidi. Empat pimpinan defenitif inilah yang  akan memimpin DPRD kota Padang hingga 2019 nanti.

Adapun untuk fraksi pada periode 2014-2019 terbentuk menjadi delapan fraksi. Fraksi Gerakan Indonesia Raya di pimpin oleh Elly Thrisyanti,  Fraksi PAN, diketuai Faisal Nasir, Fraksi Golongan Karya Bulan Bintang, di ketuai  Jumadi, Fraksi PKS diketuai Muharlion, Fraksi Demokrat diketuai Yulisman, Fraksi Hanura diketuai Yendril, Fraksi Nasdem diketuai Mailinda Rose, Fraksi PPP diketuai Nila Kartika, dan Fraksi Perjuangan Bangsa diketuai Wismar Panjaitan.

Meskipun  Erisman sudah ditetapkan sebagai pimpinan DPRD priode 2014-2019, hingga saat ini dia belum bisa menempati ruangan Ketua DPRD Kota Padang, sebab masih harus menunggu proses lebih lanjut.  Setelah rapat paripurna dilaksanakan, untuk proses selanjutnya, nama-nama tersebut akan diserahkan ke Gubernur untuk di-SK-kan. Setelah SK keluar, baru dilakukan pelantikan  dan pengambilan sumpah jabatan, ungkap Sekwa DPRD kota Padang Ali Basar.

Usai dilewakan, Ketua DPRD  Kota Padang, Erisman mengatakan,  di awal tugasnya, ia akan segera melakukan koordinasi dengan pimpinan lainnya, termasuk dengan ketua fraksi dalam pembentukan alat kelengkapan lainnya. Nantinya kita akan membentuk Badan Legislasi (Baleg), Badan Kehormatan (BK), Badan Anggran (Banggar) dan komisi- Komisi,  dan agenda lainnya. Dia juga berharap,  semua anggota DPRD Kota Padang bisa menyatukan visi dan misinya dalam menjalan tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD Padang.

“Kita akan secepatnya melakukan kordinasinya,  dan akan mengejar ketertinggalan. Apalagi di APBD perubahan ini banyak program kerja yang harus diawasi,” ungkap Erisman. (mond)