Breaking News

Kegiatan Olah Raga ASN Kota Padang Dilaksanakan Hari Sabtu

Dirgantara - Pemerintah Kota Padang menyikapi Surat Menpan dan RB RI No 05/M.PAN/1/03 terkait waktu pelaksanaan krida olah raga para pegawai di lingkungan pemerintahan. Olah raga yang biasa dilaksanakan pada pagi sebelum jam kerja dipindah untuk dilaksanakan pada hari Sabtu pagi.


Pemindahan waktu olah raga ke hari Sabtu ini agar tidak mengganggu pelayanan publik dan mengurangi produktifitas kerja. Pasalnya, banyak terjadi pemborosan waktu lantaran sehabis berolahraga para aparatur ini tak langsung melaksanakan tugas kerjanya.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengakui hal itu, menurutnya pelaksanaan yang lebih efektif bagi para pegawai di lingkungan pemerintahan sebaiknya dilaksanakan pada hari Sabtu atau di luar jam dinas. Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tersebut.

"Dengan pertimbangan - pertimbangan tersebut Pemerintah Kota Padang memindahkan waktu krida olah raga ASN Pemko Padang ke hari Sabtu pagi," kata Walikota Mahyeldi saat pencanangan secara resmi kegiatan "Olah Raga ASN Pemko Padang pada hari Sabtu pagi" di GOR H. Agus Salim, Sabtu (11/10).

Kegiatan pencanangan olah raga pada hari Sabtu ini juga dikaitkan dengan menyongsong HUT Korpri sehingga disediakan berbagai 'doorprize' berupa sepeda, alat elektronik dan sebagainya. Hadiah disumbangkan oleh Walikota Padang, Ketua Korpri Kota Padang Syafril Basir dan dari beberapa SKPD.

Lebih lanjut Mahyeldi mengharapkan, untuk Kecamatan, Puskesmas, dan Kelurahan dapat melaksanakan di lingkungan kantor masing-masing atau di tempat lain yang lebih strategis.

"Kegiatan olah raga ini dapat menjadi ajang silaturahim dengan warga di lingkungannya," imbuhnya.

Terkait pelaksanaan olah raga di hari Sabtu ini mendapat tanggapan positif dari anggota DPRD Sumbar Aristo Munandar. Menurutnya, kegiatan ini akan lebih meningkatkan efektifitas kerja aparatur daerah karena tidak mengganggu jam dinas. 

"Selain tidak mengganggu jam dinas, kegiatan olah raga pada hari Sabtu juga akan lebih memasyarakatkan olahraga. Karena masyarakat umum pada hari Sabtu banyak memanfaatkan waktu untuk berolahraga di kawasan GOR. Sehingga akan lebih semarak," sebutnya.

Kadispora Padang Suardi, menyebut kegiatan ini sebagai ajang memasyarakatkan olah raga yang digerakkan oleh Aparatur Sipil Negara di lingkungan Pemko Padang. "Dengan semaraknya olah raga di kalangan pegawai juga akan menularkan kepada masyarakat untuk gemar berolah raga. Dari sini kita berharap akan tumbuh jiwa sportifitas yang mencintai olah raga dan pola hidup sehat," katanya.(mond/rel)