Breaking News

7 Negara Dengan Supporter Terfanatik Di Dunia

Dirgantara~Permainan sepakbola sanagt identik dengan loyalitas pendukungnya. Ini dapat dilihat dari bagaimana cara mereka mendukung Negara kesayangannya saat berlaga. Dengan semangat loyalitas yang mereka punya, para pendukung fanatik ini rela menempuh perjalanan jauh bahkan rela berkorban nyama dalam memberikan dukungan.

Berikut daftar 7 Negara yang memiliki pendukung yang fanatik dalam sepakbola :

7. Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini, memiliki barisan pendukung yang tergolong fanatik. Gaya sepakbola Belanda yang dikenal total ternyata juga diimbangi dengan dukungan-dukungan suporternya juga sangat total. Ini dibuktikan dengan rata-rata kepadatan stadion yang mencapai 89% di setiap pertandingan tim-tim kesayangan mereka. Kebanyakan suporter fanatik berasal klub besar liga Belanda, terutama dari suporter Ajax Amsterdam.

6. Meksiko

Meskipun sepakbola bukanlah olahraga popular di benua Amerika, namun negara yang satu ini ternyata memiliki suporter yang fanatik. Negara tersebut adalah Mexico. Dalam memberikan dukungannya, supporter fanatic Mexico selalu menampilkan cirri khasnya dengan menggunakan topi Sombrero. Rata-rata, 90% supporter memadati stadion saat tim kesayangannya bertanding. Kebanyakan suporter bola fanatik asal Mexico berasal dari suporter klub Chivas Guadalajara.

5. Italia

Italia, selain dikenal sebagai negeri mode, sepakbolanya juga terkenal dan banyak memberikan prestasi yang membanggakan. Tak ayal para pendukung fanatic selalu hadir tiap Negara kesyangannya berlaga. Bahkan hamper setiap klub dari berbagai kasta kompetisi memiliki basis pendukung yang sangat loyal. Dominasi supporter terbaik masih dipegang klub besar semacam AS Roma, Juventus, AC Milan dan Inter Milan.

4. Brazil

Selain dikenal sebagai Negara penghasil pesepakbola terbaik dunia, Brasil juga memiliki basis supporter loyalis terbesar di dunia. Bahkan sangkin fanatiknya terhadap klub kebanggaan banyak terjadi kerusuhan yang mengakibatkan korban nyawa. Para fans ini mampu memadati Stadion sampai 93%.

3.  Indonesia

Indonesia menempati urutan ketiga suporter sepakbola terfanatik di dunia. Karena dalam pemberitaan yang tersebar di berbagai media, banyak sekali suporter yang nyawanya melayang akibat tawuran antar suporter yang terjadi di liga Indonesia. Rasa kecintaan yang berubah menjadi fanatisme berlebihan ini sadar atau tidak membawa dampak yang negatif bagi para suporter. Bahkan Franz Beckenbauer pun sampai kaget setelah melihat video tawuran yang dilakukan supporter Indonesia. Ia mengatakan bahwa Indonesia adalah salah satu negara yang mempunyai supporter terloyal. Suporter bola Indonesia memenuhi 96% stadion di tiap pertandingan tim-tim kesayangan mereka. Suporter fanatik terbedar Indonesia berasal dari klub Arema, Persebaya, Persib, Persipura, Sriwijaya dan Persija.

2. Argentina

Kemenangan adalah harga mati yang telah menjadi prinsip lama para suporter bola fanatik negara Argentina. Tak heran dukungan total selalu tersaji disetiap laga Argentina. Namun Argentina juga memiliki sejarah kelam dalam persepakbolaan negaranya. Tawuran antar supporter sering terjadi yang melibatkan dua klub besar River Plate dan Boca Juniors. Rataan penonton yang hadir dalam tiap laga hamper 97%.

1. Inggris

Hooligan ini nama julukan dari supporter Inggris. Hooligan menempati urutan pertama dalam daftar pendukung paling fanatik di dunia. Biasanya para fans tidak henti bernyanyi kala tim kesayangannya bertanding. Hooligan mampu memadati stadion hingga 99%. Suporter bola fanatik terbesar di dunia berasal dari suporter klub Manchester United, Arsenal, Liverpool, dan Chelsea. (mond)