Breaking News

YJI Padang: Giatkan Olah Raga Hindarkan Penyakit Jantung

Dirgantara - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kota Padang didukung Klub Jantung Sehat (KJS) di setiap Kelurahan serta ribuan masyarakat, meramaikan kegiatan senam massal dalam rangka peringatan HUT YJI ke-33 di Lapangan Imam Bonjol, Ahad (9/11). Secara serentak kegiatan serupa dilaksanakan di seluruh Indonesia untuk tercatat dalam rekor MURI 2014.

Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi antusiasme masyarakat dalam kegiatan olahraga jantung sehat yang dilaksanakan sejak pukul 6.00 WIB pagi ini. Dengan semaraknya kegiatan olah raga, menurut Mahyeldi, akan lebih efektif dalam pencegahan terhadap penyakit jantung dan pembuluh darah.

"Tingginya antusiasme masyarakat untuk berpartisipasi dalam kegiatan olah raga ini menunjukkan tingginya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan. Sebab, kegiatan olah raga sangat membantu masyarakat terhindar dari penyakit jantung dan pembuluh darahserta menghentikan kebiasaan merokok," ujar Mahyeldi kepada wartawan di sela kegiatan tersebut.

Sementara itu, Ketua YJI cabang Kota Padang Ny. Harneli Mahyeldi menyebut HUT YJI tahun 2014 ini juga sebagai momen sosialisasi dan meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya upaya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Usaha tersebut dilakukan dengan memberikan informasi melalui pemasyarakatan Panca Usaha Jantung Sehat.

"Panca Usaha Jantung Sehat disingkat dengan S-E-H-A-T, yaitu Seimbangkan gizi, Enyahkan rokok, Hindari stres, Awasi tekanan darah secara teratur, dan Teratur berolahraga," jelas Harneli.

Senam massal ini juga diikuti Wakil Walikota Padang H. Emzalmi dan istri selaku Ketua GOW, Sekretaris Kota Padang Nasir Ahmad dan istri selaku Ketua Dharmawanita, Dandim 0312 Wirabraja serta beberapa kepala SKPD di lingkungan Pemko Padang.(mond/rel)