Breaking News

ASN Pelayan Masyarakat, Pamersatu Bangsa

Dirgantara- Seluruh anggota Korpri dituntut mempercepat perubahan budaya kerja menuju pola pikir sebagai aparatur negara yang lebih gigih, cerdas, inovatif, dan tanggap terhadap dinamika perubahan lingkungan strategis. Ia juga harus menjadi 'guru' dan tauladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

Hal itu disampaikan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam pidatonya yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Padang Nasir Ahmad dalam upacara bendera peringatan HUT Korpri ke-43 di pelataran parkir GOR H.Agus Salim, Senin (1/12).

Dengan telah terbitnya UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), lanjut Nasir Ahmad mengutip Presiden, organisasi Korpri akan bertransformasi menjadi Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korps ASN RI). Tujuannya, menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi ASN serta mewujudkan jiwa Korps ASN sebagai pemersatu bangsa.

"Untuk itu kepada jajaran Korpri diharapkan memahami dan melaksanakan penataan birokrasi yang bersih, kompeten dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi," kata Sekda.

Sesuai tema besar HUT Korpri ke-43 ini, yaitu "Memperkokoh Jiwa Korps, Profesionalitas dan Integritas Aparatur Sipil Negara Sebagai Anggota Korpri Guna Mendukung Kepemimpinan Nasional Menuju Bangsa Yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat", diharapkan ASN Pemko Padang mengaplikasikan tema ini dalam pengabdiannya.

"Maka yang terpenting kita bangun yaitu kesadaran bahwa ASN adalah pegawai yang melayani masyarakat, bukan sebaliknya minta dilayani," imbuhnya.

Lebih lanjut Sekda, pada 2014 ini, Pemko Padang sendiri melalui Korpri telah memberikan perhatian terhadap anggotanya, berupa bantuan untuk pernikahan, bantuan persalinan anak perama, bantuan bencana alam, bantuan uang pensiun, bantuan pelayanan mobil jenazah, serta menjenguk anggota Korpri yang sakit.

Adapun rencana di 2015, Korpri Kota Padang juga telah membuat program, yaitu LKBH, tempat penitipan anak, balai pengobatan, mobil jenazah, purna bakti, pengembangan website Korpri, serta kerjasama bantuan pendidikan anak PNS dengan Baznas Kota Padang.

"Ke depan juga sedang direncanakan hal - hal yang bersifat strategis, seperti rencana pendirian SPBU, pembangunan perumahan, pendirian Yayasan Korpri, serta pendirian cafe Korpri di pusat pemerintahan Aia Pacah," sebut Sekda.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang Muhidi yang turut hadir mengucapkan selamat untuk Korpri di usianya yang ke-43. Selain itu ia menambahkan, anggota Korpri yang merupakan bagian dari pemerintah diharapkan lebih meningkatkan kedisiplinan. karena kedisipilinan adalah kata kunci untuk pelayanan yang maksimal bagi masyarakat.

"Bila kedisipilinan dan integritas terwujud maka dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dipastikan lebih baik dan memuaskan," kata Muhidi," (mond/rel)