Breaking News

Sampah Agar Dimasukkan Dalam Kantong


DO, Padang ~ Kota Padang terus berbenah dalam hal kebersihan. Setelah Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah diberlakukan, Kota Padang semakin bersih. Namun begitu, Walikota Padang mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dengan baik. “Selama ini sebagian masyarakat kita di tempat penumpukan sampah kadang berserak. Untuk itu mari kita masukan sampah ke dalam karung,” imbau Wako H. Mahyeldi Ansharullah saat diwawancarai di RTH Imamonjol.

Wako mengimbau kepada seluruh perangkat pemerintah mulai dari Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW), Lurah hingga Camat untuk selalu mengingatkan warga agar sampah ditaruh di dalam kantong sehingga petugas akan lebih cepat dan mudah dalam bekerja. “Saat ini kita juga turunkan tim, 12 becak motor sampah kita siapkan sehingga bisa dilakukan sweeping. Ketika ada sampah yang teronggok, dibersihkan. Sehingga Padang setia jamnya selalu bersih,” terang Wako.

Wako juga mengajak seluruh masyarakat dan juga petugas kebersihan saling bahu membahu dalam membersihkan Kota Padang. Sebab dalam tahun ini cukup banyak agenda berskala internasional yang diadakan di Padang. Diantaranya yakni Tour de Singkarak (TdS), KTT Indian Ocean Rim Association (IORA), dan lainnya. Sehingga Padang diharapkan benar-benar bersih dari sampah saat kegiatan itu berlangsung.

Diceritakan Wako, sebenarnya Padang masih kekurangan armada dalam membersihkan sampah di Kota Padang. Pada saat Pemko Padang meluncurkan Perda tentang pengelolaan sampah, dahulunya ada warga Padang yang ingin menyumbangkan satu unit mobil sebagai operasional bagi DKP. Akan tetapi sayangnya penyumbang itu lebih dahulu meninggal dunia. “Untuk itu jika ada yang ingin menyumbangkan mobil atau kendaraan lain, silahkan. Karena ini akan lebih bermanfaat bagi masyarakat,” ujar Wako.

Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang, Afrizal Khaidir menyebut beberapa waktu ini sering terjadi ledakan sampah di sejumlah titik. Hal in dikarenakan minimnya peralatan dan alat angkut. “Meski dengan segala keterbatasan semuanya dapat teratasi,” tukasnya.

Afrizal juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk mengemas sampah dengan baik. Sehingga petugas dengan cepat dapat mengangkut sampah di kontainer-kontainer yang ada. “Ciri khas sampah di Padang itu dengan kantong plastik dan karung. Ini yang kita harapkan supaya masyarakat mengemas sampah dengan baik,” imbaunya.Charlie