Breaking News

Selama Ramadhan, Volume Sampah Meningkat


DO, Padang ~
  Jumlah sampah di Kota Padang semakin meningkat dari waktu ke waktu. Terutama pada saat bulan puasa ini. Peningkatannya pun cukup pesat dibanding bulan sebelumnya.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Padang Afrizal Khaidir mengakui jika pada bulan Ramadhan ini volume sampah terus meningkat. “Volume sampah di bulan puasa ini meningkat sampai 50 persen. Tidak tahu juga apa penyebabnya. Kemungkinan karena kebutuhan masyarakat meningkat saat puasa ini,” terangnya saat diwawancarai di Imambonjol.

Mengantisipasi itu DKP Kota Padang terus berbenah. Personil dan perlengkapan disiapkan. Sebanyak 12 unit becak motor sampah disiapkan. Rencananya tahun ini enam truck amroll juga akan memperkuat armada petugas kebersihan di DKP.
Meski DKP telah mendapat penambahan armada, baik itu becak motor maupun truck amroll, akan tetapi semua itu belum mencukupi dalam mengakomodir volume sampah di Kota Padang. Saat ini DKP hanya memiliki 61 unit truck sampah. Hingga kontainer sampah sering meledak. “Idealnya kita harus memiliki 100 truck sampah sehingga semuanya terakomodir dengan baik,” terang Afrizal.

Pada APBD 2015 ini disamping mengadakan enam unit truck sampah, 12 unit betor sampah diberikan khusus kepada petugas pengumpul. Pengadaan ini merupakan hasil evaluasi 12 tahun lalu, dimana betor yang kini masih beroperasi merupakan kendaraan yang diadakan tahun 2005 silam dan tentunya banyak yang mulai uzur,” katanya.

Sebanyak 12 unit betor sampah yang diperuntukkan perwilayah. Sebelas wilayah penyapuan mendapat masing-masing satu unit betor. “Masing-masing wilayah punya satu pengawas. Mereka bekerja setelah shalat subuh hingga pukul sembilan dan diberlakukan sistim shift dengan teman lainnya,” terang Afrizal.Charlie