Breaking News

Walikota Himbau Camat dan Lurah Inventarisir Fasum

Dirgantara ** Setiap menggelar hajatan seperti “Baralek” (kondangan-red), warga kerap mengabaikan ketertiban. Sebagian badan jalan ditutup dan digunakan sebagai tempat untuk meletakkan tenda. Akibatnya, kenyamanan pengendara terabaikan dan arus lalu lintas menjadi terhambat. Hal ini cukup disesalkan Walikota Padang, H. Mahyeldi Dt Marajo. Walikota berharap agar warga tidak melakukan hal tersebut dan perangkat kecamatan serta kelurahan mencarikan solusi.

“Kalau ada yang ‘baralek’, selalu macet, camat dan lurah agar mencarikan solusinya,” kata Walikota saat membuka MTQ Kecamatan Padang Selatan, di Kompleks Istano Puti Chaniago Sumagek Alang Laweh, Rabu (9/3). 

Walikota mengimbau camat dan lurah menginventarisir fasilitas umum atau tanah kosong yang ada di daerahnya. Di fasilitas umum ini nantinya dibangun gedung serba guna sebagai tempat hajatan yang bisa digunakan oleh warga setempat.

“Dengan dibuatkan tempatnya, silahkan warga yang menggelar ‘baralek’ dilaksanakan di tempat tersebut secara bergantian, sehingga jalan tidak macet lagi,” kata Walikota.

Selain itu, di sisi lain Walikota juga menekankan bahwa hingga saat ini pihaknya belum memberi izin kepada Alfamart maupun Indomaret untuk beroperasi di Kota Padang. Hal ini dilakukan agar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Padang lebih kuat.

“Kita serius untuk meningkatkan ekonomi Kota Padang dan melariskan produk kita. Makanya hingga kini saya belum beri izin kepada Alfamart dan Indomaret,” tegasnya.

Sebaliknya, Walikota memberi ruang kepada pengusaha mart yang ada di Padang untuk meneruskan usahanya. Ke depannya, Pemko Padang akan mensinergikan seluruh pengusaha mart di Kota Padang. “Sehingga nantinya yang dijual adalah produk dari daerah kita sendiri,” tambah Mahyeldi. 

MTQ Padang Selatan

Sementara itu dalam pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) di Kecamatan Padang Selatan, Walikota berharap ajang tersebut dapat memunculkan qari dan qariah handal dan mampu bersaing di level tingkatan MTQ selanjutnya.

“Untuk itu kepada para kafilah yang berhasil meraih juara di MTQ tingkat kecamatan ini diharapkan bisa melanjutkan perjuangannya menjadi utusan pada MTQ tingkat kota, provinsi serta nasional,” ujarnya.

Wako melanjutkan, melalui pelaksanaan MTQ akan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap kitab suci Alquran. Pemko Padang berkomitmen, akan terus memberikan motivasi karena pentingnya mempelajari, membaca dan mempedomani Alquran dalam hidup dan kehidupan sehari-hari.(Charlie / DU / Tafrizal / Mursalim)