Breaking News

Bitel: Festival Kuliner Minangkabau Patut di Apresiasi

D'on~Festival Kuliner Minangkabau yang digagas Dinas Kebuduyaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Padang pada 3-4 Agustus 2016 mendatang di Pantai Binaria, sangat diapresiasi oleh Komisi IV DPRD Padang.

Seperti yang disampaikan Surya Jupri Bitel tujuan festival tersebut adalah pelestarian budaya Minangkabau, terutama masakan tradisional. Tentu kita dari DPRD Kota Padang sangat mendukung kegiatan semacam ini ,cakap Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang ketika dihubungi melalui telepon selularnya, Selasa, 2 Agustus 2016 siang tadi.

"Menurut saya ini langkah maju dengan menggandeng kelompok industri pariwisata ini. Namun saya berharap agar dapat dikembangkan dalam bentuk kerjasama yang apik antara kelompok kelurahan dengan kelompok industri pariwisata tadi. Dimana UMKM yang ada di kelurahan digandeng dalam penyediaan makanan khas Minangkabau bagi pengunjung hotel dan restoran," ulasnya. 

Lebih lanjut ia menambahkan kerjasama itu dapat saja dalam bentuk penyedian oleh-oleh bagi wisatawan yang datang di Kota Padang. Misalnya, oleh-oleh berupa randang, lamang tapai, karipik bingkuang dan lainnya disediakan oleh UMKM dan dipromosikan melalui hotel dan restoran yang ada di Kota Padang. Terobasan seperti ini yang harus kita sokong bersama, ujarnya. 

Politisi Demokrat ini menyarankan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang memaksimalkan fungsi Pusat Informasi dan Data Pariwisata, agar menjadi sarana efektif bagi promosi wisata Kota Padang, termasuk kuliner, pungkasnya. (mond)