Breaking News

Tips Agar Gairah Belajar Gak Kendor

D'on, Malang- Tidak dapat dipungkiri bahwa ada masa dimana kita jenuh untuk belajar. Ini biasanya terjadi akibat kita merasa kesulitan dalam pelajaran tersebut, sulit kosentrasi atau masalah waktu yang kurang tepat.Nah guys bagi kalian ada beberapa tips agar kalian kembali berkonsentrasi dalam belajar dan juga dapat meningkatkan gairah kalian dalam belajar!!

1. Belajar dengan teman atau kelompok

Jangan habiskan waktu belajar sendirian di dalam kamar. Ajak teman sekelasmu untuk belajar bersama. Belajar dengan teman akan membuat proses penyerapan informasi lebih dalam. Coba untuk menyelesaikan soal lalu mendiskusikannya bersama. Terkadang cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajari orang lain, meskipun kamu belum menguasainya. Tapi jangan ubah topik belajar menjadi ajang gosip, ya.

2. Bayangkan dirimu seorang guru

Tanyakan pada diri sendiri "Jika saya guru, apa yang akan saya masukkan untuk soal tes?" kamu pasti sudah sering mendapat tes atau ulangan dari guru kan. Belajarla dari hal tersebut untuk tes berikutnya. Strukturnya biasanya sama, dan guru memiliki tipe tertentu dari informasi yang mereka ingin untuk kamu pelajari. Guru tidak mengharapkan kamu untuk menghafal setiap detail pelajaran, hanya hal-hal yang penting saja. Itu tugas kamu untuk mencari tahu apa itu.

3. Beri otakmu makan

Otak yang lapar tidak bisa bekerja secara efektif. Otak kamu butuh nutrisi untuk tetap bekerja dengan baik. Jadi apa yang kamu makan dan minum memiliki peran besar dengan ketajaman otak kamu. Makanan sehat akan memberi sel otak kamu nutrisi agar tetap berenergi, dan makanan cepat saji atau junk food hanya akan meningkatkan kelelahan. Jadi pastikan kamu selalu mengkonsumsi makanan yang sehat ya.

4. Beristirahatlah

Otak kamu seperti otot. Butuh latihan untuk menjadi lebih kuat, tapi ia juga akan lelah jika terlalu kekras bekerja. Bayangkan jika kegiatan belajar itu adalah push-up, dan kamu harus melakukannyya 100 kali. Jika kamu mencoba menyelesaikannya dalam satu tahap, kamu akan kelelahan dan tidak dapat menyelesaikannya.

Jadi seberapa keras apapun kamu mencoba, akan sangat berat untuk mengangkat badan kamu dari tanah. Hal itu jug aterjadi dengan otak kamu. Otak kamu akan kelelahan jika terlalu lama bekerja, jadi sempatkan untuk beristirahat saat belajar.

Kamu bisa mengatur sesuai kemampuanmu. Jika waktu belajarmu adalah 60 menit, kamu bisa mengatur jadwal istirahat tiap 20 menit. Istirahatlah antara 2-5 menit saja.(Kirana)