Breaking News

Demonstran di Makassar Mulai Turun ke Jalan



D'On, Makassar- Aksi dari berbagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan itu akan berlangsung usai para demonstran menunaikan salat Jum’at. Aksi ini akan dikawal ketat aparat keamanana dan kendaraan yang akan melintasi jalur yang  dilalui demonstran, telah ditutup, sehingga arus lalu lintas lumpuh sementara waktu. Untuk mengamankan jalannya demonstrasi, ribuan pasukan keamanan TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Praja, Jumat pagi menggelar pasukan di halaman Masjid Almarkaz-Al Islami, Makassar.

Gelar pasukan menyusul penetapan siaga I itu dipimpin inspektur upacara, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulawesi Selatan (Sulsel), Irjen Pol Anton Charliyan.

Pantauan wartawan contributor www.dirgantaraonline.com dilapanganan, menyampaikan, bahwa setelah gelar pasukan di Masjid Al-Markaz Al-Islami, aparat keamanan menyebar ke lokasi konsentrasi massa, selain di Al-Markas, konsentrasi massa juga terjadi di Masjid Raya Makassar, Masjid Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar.

Diperkirakan ada sedikitnya 18 ormas turun ke jalan, diantaranya massa Forum Pembela Islam (FPI), Yayasan Hidayatullah, KAMMI, IKADI, IMM, Korps Bulan Bintang, Wahdah Islamiyah, FUI dan KPPSI, Fokus Islam, IPMLM, Pemuda Muhammadiyah, Majelis Daruttaubah, IMM dan sejumlah ormas lainnya.

Pergerakan massa mencapai puncaknya pascasalat Jumat, mereka bergerak dari seluruh titik konsentrasi dan berkumpul di Jalan Urip Sumoharjo. Jalur utama keluar dan masuk Kota Makassar itu selama aksi berlangsung mengalami kemacetan total.

Untuk mengamankan jalannya aksi 4 November ini, Polda Sulsel mengerahkan 2.494 personil terdiri dari personil TNI AD, personil Polrestabes, personil Polda, Dinas Kesehatan dan Damkar. (Daeng)