Breaking News

Museum Adityawarman Galakan Program Peduli Museum


D'On, Padang- Museum Adityawarman mencanangkan Gerakan Peduli Museum, ini selaras dengan program Pemerintah pusat yang telah dicanangkan sejak tahun 2010-2014 yang menggalakan program Gerakan Nasional Cinta Museum (GNCM). 

Seperti yang disampaikan Noviyanti, SH.MM Kepala UPTD Museum Adityawarman ketika menggelar jumpa pers dengan para jurnalis pecinta museum pada hari Sabtu, 24 Desember 2016, mengatakan bahwa peranan Museum sangatlah vital dalam memelihara, merawat serta mengumpulkan benda sejarah yang memiliki nilai sejarah dan budaya peradaban bangsa.

“Museum sangat vital peranannya dari segala aspek perkembangan bangsa. Segala edukasi dapat dilihat dari koleksi benda-benda sejarah yang terpajang dalam Museum,” tukas Noviyanti, SH.MM. Selain itu Museum juga selalu berupaya mengumpulkan benda-benda koleksi sejarah yang masih tersebar di masyarakat. Museum Adityawarman menawarkan imbalan jasa bagi para pemilik benda sejarah untuk dapat dititipkan ke museum, agar benda tersebut dapat terpelihara dengan baik, ujar Novi menambahkan.

Gerakan peduli museum yang melibatkan masyarakat dalam pembangunan dan pengembangan museum tertera dalam PP 66 pasal 15 tahun 2015. Tujuan ini dari PP ini berguna untuk pengaturan museum terhadap masyarakat, komunitas pecinta museum, sekolah dan organisasi peduli sejarah.

Saat ini Museum Adityawarman memiliki 6194 koleksi terdiri dari 10 jenis koleksi, dan Novi juga menargetkan pada tahun 2022 nanti Musuem Adityawarman memiliki 10ribu koleksi, tutur Novi. Museum Adityawarman telah bekerjasama dengan beberapa dinas, sekolah dan universitas dalam upaya menggalakan Peduli Museum. Saat ini museum Adityawarman telah melakukan MoU dengan Dinas Pariwisata Kota Padang, STKIP PGRI Gunung Pangilun, IAIN dan UNAND, pungkas Novi. (Mond)