Breaking News

Luar Biasa!!!Australia Pecahkan Rekor Dunia Penyitaan Kokain

ilustrasi
D'On, Australia- Kokain seberat 1,4 ton senilai $239,5 juta atau setara lebih dari Rp32 triliun, berhasil disita aparat penegak hukum Australia dari yacht yang sedang dalam perjalanan menuju ke Negara tersebut.

Aparat hukum Australia berhasil mengamankan enam orang yang lima orang diantaranya merupakan warga Australia. Mereka dijerat dugaan konspirasi impor narkotika. Enam orang tersebut terancam penjara seumur hidup, kata Menteri Kehakiman Micheal Keenan dan Menteri Imigrasi Peter Dutton dalam pernyataan pers bersama, Senin (6/2) seperti diliris dari Reuters.

Berhasilnya ditemukan kokain seberat 1,4 ton dalam satu operasi oleh aparat hukum Australia adalah penyitaan terbesar yang pernah dilakukan otoritas Australia. Angka ini lebih tinggi 400 kilogram dari rekor sebelumnya yang mencapai 938 kilogram di Australia Barat, 2001 silam.

“Keberhasilan ini berkat hasil pengejaran multi-agensi selama dua setengah tahun, melibatkan Polisi Federal Australia, Pasukan Perbatasan Australia dan Bea Cukai Selandia Baru," kata kedua menteri dalam pernyataan pers tersebut.

Ditambahkan mereka berdua, kokain yang disita pekan lalu ini jika tidak berhasil diamankan bisa berakibat 1,4 juta kali jual beli di jalanan, tanpa menjelaskan lebih jauh.

Keenan juga menjelaskan dalam konerensi persnya, bahwa nilai Kokain di jalanan Australia sembilan kali lebih besar ketimbang di Amerika Serikat. Karena itu, negara yang berada di selatan Pasifik ini menjadi pasar menarik bagi para bandar narkotik internasional. (Carleone)