Breaking News

Sering Menipu Diri Sendiri ??? 4 Hal Ini Akan Merubahmu

D'On- Seringkali kita akan menipu kita sendiri dengan percaya pada hal-hal palsu dan menolak untuk percaya pada hal-hal yang benar. Terkadang kita juga menjadi pembohong dan menyadari kebohongan tersebut merajalela dalam pikiran kita sendiri.

Kamu bisa berubah dengan fokus pada 4 hal berikut ini:

1. Perhatikan Emosi

Secara umum, jika kita secara emosional reaktif terhadap sesuatu atau seseorang, itu adalah karena kita sedang mengingat sesuatu yang menyakitkan, atau belum terselesaikan dalam hidup kita. Di zaman ini, kita akan berjuang untuk mengakui kebenaran. Misalnya, jika kamu berjuang dengan masalah kepercayaan dalam hubungan kamu terhadap seseorang. Kamu mungkin merasa cemas, marah, atau takut ketika berdekatan dengan orang baru. Karena ini dapat terjadi, kamu mungkin akan menemukan diri reaktif untuk menjalin hubungan dengan orang ini.

2. Perhatikan Pikiran

Kita semua ingin percaya bahwa pikiran kita adalah refleksi akurat dari realitas. Bahkan, sebagian besar dari kita percaya bahwa kita benar tentang segala sesuatu. Sayangnya, perilaku tersebut akan membuat kita tidak mau mengakui suatu hal dan menjadi kepala batu. Kita akan memikirkan tentang suatu hal akan berdampak negatif bagi diri kita misalnya orang baru di sekitar kita hanya akan membuat persaingan kerja yang tidak sehat. Atau mungkin kita akan terlalu positif, seperti menganggap diri adalah orang yang paling menakjubkan di dunia.

3. Perhatikan Perilaku

Kita sangat ingin perilaku kita sehari- hari dapat menjadi cerminan identitas kita. Misalnya, perilaku kita yang ramah maka semua orang akan menganggap kita adalah seseorang yang ramah dan murah senyum. Namun bukan berarti hal itu dapat kita kontrol selama kita hidup bukan? Kebenarannya, identitas diri memang bisa dikontrol, namun dengan hati yang ikhlas dan tidak mencoba untuk hanya membuatnya keluar di tampilan luarnya saja. Hati kamu juga harus tulus dalam melakukan segala sesuatu.

4. Lebih baik memilih Kejujuran

Kita tidak bisa jujur  ‹dengan orang lain sampai kita jujur €‹dengan diri kita sendiri. Ketika kita menipu diri kita sendiri, secara tidak sadar kita sering memberi beban dan merusak hubungan terhadap satu dengan yang lain. Sikap jujur akan membutuhkan usaha setiap hari, dan toleransi kepada beberapa kenyataan yang menyakitkan. Namun, dengan mengamati emosi, pikiran, dan perilaku, kita dapat belajar tentang siapa kita sebenarnya dan memberikan diri kita kesempatan untuk berubah.
#cnnind