Breaking News

Tidur Siang Banyak Manfaatnya Lho

D'On- Tidur sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tapi kadang-kadang kita kurang mendapatkan tidur yang berkualitas dengan durasi ideal 7-9 jam.

Tidur siang merupakan cara yang sangat membantu untuk memenuhinya. Selain itu, tidur siang ternyata mempunyai banyak manfaat. Apa sajakah itu?

1. Meningkatkan kesabaran

Merasa frustrasi? Menurut para peneliti di University of Michigan, yang menerbitkan sebuah studi baru-baru ini di Personality and Individual Differences jurnal, kamu mungkin harus tidur siang. Dalam sebuah percobaan, beberapa peserta diminta untuk menyelesaikan tugas yang sangat membuat frustasi, yaitu menggambar desain geometris di layar komputer. Mereka yang mengambil tidur siang selama satu jam sebelum latihan, mampu menarik perhatian selama 90 detik. Dibandingkan dengan kelompok yang menonton sebuah film dokumenter alam, dan tidak tidur siang. Mereka menyerah setelah 48 detik.

2. Kamu akan lebih waspada

Apakah kamu dalam perjalanan panjang atau mencoba untuk melewati tugas yang sulit di tempat kerja? Tidur siang adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kewaspadaan jika merasa gusar. Sebuah studi NASA menemukan bahwa setelah tidur siang selama empat puluh menit, pilot akan merasa lebih waspada. Sebuah studi kecil menemukan fakta bahwa setelah sepuluh menit tidur siang, orang akan merasa lebih waspada.

3. Menurunkan tekanan darah

Satu penelitian di Inggris menemukan bahwa tekanan darah para partisipannya turun setelah mereka dapat mengambil waktu tidur yang cukup, dan mencoba untuk mengantisipasi tidur siang bila mereka tidak memaksimalkan jam tidur malamnya.

4. Membantu kamu mengingat lebih

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Jerman menemukan bahwa mengambil tidur siang selama satu jam secara dramatis dapat meningkatkan kemampuan kita untuk mengingat informasi. Untuk penelitian ini, partisipan diminta untuk mengingat kata-kata dan pasangan tertentu.

Kemudian setengah peserta menonton DVD, sementara setengah lainnya tidur siang. Ketika ditanya tentang memori mereka dari kata-kata yang ada dalam DVD, kelompok tidur siang jauh lebih fokus dalam memberikan jawaban.

5. Meningkatkan kreativitas

Jika kamu belum merasa terlalu imajinatif akhir-akhir ini, itu mungkin waktu kamu sedikit padat. Sebuah studi yang dilakukan oleh psikiater Sara Mednick dari University of California, San Diego, menemukan bahwa orang yang tidur siang akan bermimpi yang lebih kreatif pada saat tidur, begitu juga di dalam kehidupan sebenarnya.

6. Mencegah penyakit jantung

Satu studi dari 23.000 orang dewasa Yunani menemukan bahwa orang yang tidur siang, 30 persen lebih rendah risikonya untuk meninggal karena penyakit jantung. "Tidur siang dapat membantu mengatasi stres sehari-hari," kata Michael Twery dari National Heart Lung dan Blood Institute.

“Kemungkinan lain, tidur siang adalah bagian dari ritme biologis normal sehari-hari. Jam biologis yang mendorong tidur dan terjaga memiliki dua siklus setiap hari. Salah satu dari mereka biasanya akan terjadi pada sore hari. Ada kemungkinan bahwa tidak terlibat dalam tidur siang, bagi sebagian orang mungkin akan mengganggu proses ini.”
 
#cnnind