Breaking News

Sakura Taman Cibodas Mekar di Bulan April

D'On, Bogor- Sejak 2007 Kebun Raya Cibodas sudah punya taman tematik khusus untuk bunga sakura. Ada yang menarik pada sakura di Cibodas sejak 2013. Masa mekar bunga ini sudah bergeser.

Menurut Imam Surya, peneliti di Kebun Raya Cibodas, biasanya sakura di kebun raya itu mekar pada bulan Januari-Februari. Namun, sejak 2013, ada pergeseran. “Sekarang Maret baru berbunga, itupun tidak mekar sepenuhnya,” kata Imam, di Cibodas, Selasa (11/4).

Ternyata ada pengaruh cuaca pada pergeseran itu. Cuaca yang tak menentu telah mempengaruhi produksi bunga pada sakura. Di sisi lain, Imam mengatakan ada peningkatan temperatur juga di sekitar Cibodas. Namun, menurut dia, belum bisa dipastikan apakah kenaikan temperatur ini berpengaruh pada pembungaan tanaman yang ada di kebun raya itu, termasuk sakura.

Sakura di Kebun Raya Cibodas dimasukkan ke dalam taman tematik sejak 2007. Saat itu, sakura ditanami pada jarak antara 5-6 meter. Sebelum ada taman itu, beberapa spesies sakura sudah lama ditanam di kebun raya itu.

Pengelola kebun raya lalu mengumpulkan lusinan spesies sakura di areal seluas 17.500 meter persegi. Baik yang sebelumnya sudah lama tumbuh di sana, maupun spesies yang didatangkan dari Jepang. Termasuk juga spesies sakura asli Indonesia, yakni Prunus costata yang berasal dari Papua.

Pada 2007, pihak Kebun Raya Cibodas juga sempat melaporkan adanya perubahan masa mekar bunga sakura di Cibodas. Pada 2007, sakura mulai mekar pada Februari. Sebelum 2001, sakura mekar pada bulan April.
#cnnind