Breaking News

Hacker Rusia Intai Lawan Donald Trump

D'On, AS,- Unit militer Rusia yang meretas sistem partai Demokrat sebelum pemilu 2016, telah mulai menargetkan think tank yang berhaluan kanan, yang memiliki hubungan permusuhan dengan Presiden Donald Trump. Demikian laporan pada hari Selasa (21/8/2018).
Unit intelijen Rusia, yang sebelumnya dikenal sebagai GRU, membuat situs web yang meniru baik Hudson Institute dan International Republican Institute, dengan maksud menipu orang untuk mengklik tautan dan memberikan kata sandi mereka, menurut The New York Times.
Teknik, yang dikenal sebagai phishing tombak, digunakan untuk menembus Komite Nasional Demokrat dan email dari pembantu Hillary Clinton John Podesta.
"Memperluas cyberthreats ke kedua partai politik AS, memperjelas bahwa sektor teknologi perlu melakukan lebih banyak untuk membantu melindungi proses demokrasi," kata presiden Microsoft, Brad Smith, dalam sebuah pernyataan.
“Penyerang ingin agar serangan mereka terlihat serealistis mungkin, dan oleh karena itu mereka membuat situs web dan URL yang terlihat seperti situs yang ditargetkan korban mereka, yang diharapkan untuk menerima email dari atau kunjungi. Situs yang terlibat dalam pesanan minggu lalu, sesuai dengan uraian ini," jelas Smith.
The Hudson Institute dan The International Republican Institute, telah menganjurkan posisi yang bertentangan dengan Presiden Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin, termasuk kritik terhadap pertemuan dua jam tertutup dari kedua pemimpin di Helsinki bulan lalu.
Beberapa anggota dewan termasuk Senator John McCain, Gubernur Mitt Romney, dan Senator Marco Rubio.
Meskipun penilaian komunitas Intelijen, bahwa Rusia berada di belakang peretasan pemilu, Trump telah mengalihkan kesalahan. (NYT)