Breaking News

Terindikasi Sebar Hoaks, Sandiaga Siap Polisikan Pendukungnya

D'On, Jakarta,- Pasangan calon Presiden-Wakil Presiden Prabowo-Sandiaga Uno berkomitmen untuk menjaga kesejukan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Hal itu akan diwujudkan dengan menindak tegas pendukungnya yang menyebarkan kabar bohong atau hoaks.
“Kita akan tindak tegas (pendukung ,red) yang sebarkan hoaks. Bahkan akan kita laporkan pendukung kita langsung ke pihak berwajib,” kata Sandiaga usai acara Deklarasi Damai di kawasan Monas, Jakarta, Ahad (23/9).
Ditegaskan oleh Sandi, pihaknya tidak akan ada toleransi sedikitpun kepada pendukungnya yang menyebarkan hoaks.
Sandi mengungkapkan, pihaknya akan membentuk tim pengawas kampanye hoaks agar para pendukungnya tidak menyebarkan berita bohong ke tengah masyarakat dan tetap menjaga kesejukan Pilpres 2019.
“Tim kami akan memantau semua ‘key influencer’ dan ‘key opinion leader‘ untuk tetap menjaga kesejukan dalam Pemilu 2019,” jelasnya.
Pihaknya, lanjut Sandi, telah menetapkan tiga aturan dalam menyebarkan berita yang harus dipegang oleh semua tim kampanye Prabowo-Sandiaga maupun para pendukung.
“Pertama apakah informasi yang disampaikan terverifikasi atau tidak; kedua apakah bermanfaat dan ketiga apakah yang disampaikan itu bisa menyakitkan pihak lain atau tidak,” terangnya.
Dengan aturan itu, kata Sandi, para pendukungnya tidak boleh melakukan kampenya atau menyebarkan berita yang menyakiti pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin.
“Pak Prabowo sendiri yang mencoret-coret narasi itu, dan kami komit betul-betul tidak ada toleransi karena kita ingin semuanya damai dan sejuk,” pungkas Sandi. (ses)