Breaking News

TNI Angkatan Laut Buka Seleksi CPNS, Ini Kualifikasi dan Persyaratannya

D'On, Jakarta,- Tentara Nasional Indonesia (TNI) membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 di lingkungan TNI Angkatan Laut (AL).
Hal ini disampaikan Kadispenkoarmada II, Letkol Laut (KH) Suratno, S.S. pada media ini, Jumat (21/9).
"Pendaftaran sudah dimulai kemarin pada tanggal 19 sampai dengan 28 September 2018, tutup pukul 23.59 waktu setempat," katanya.
Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan untkuk CPNS 2018 di TBI AL adalah sebagai berikut :
1. Wilayah Lantamal I Belawan meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Perkapalan.
2. Wilayah Lantamal IV Tanjung Pinang meliputi : S-1Profesi Dokter Umum, D-III Radiologi, D-III Analisis Kesehatan, D-III Farmasi, D-III Teknik Elektro, D-III Perkapalan, D-III Teknik Mesin.
3. Wilayah Lantamal III Jakarta meliputi : S-1 Profesi Apoteker, S-1 Statistik, D-III Fisioterapi.
4. Wilayah Lantamal V Surabaya meliputi : S-1 Kimia, D-III Teknik Elektro, D-III Teknik Mesin.
5. Wilayah Lantamal VI Makassar meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Perkapalan.
6. Wilayah Lantamal VII Kupang meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Kesehatan Gigi, D-III Kebidanan.
7. Wilayah Lantamal VIII Manado meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Keperawatan, D-III Perkapalan, Teknik Mesin.
8. Wilayah Lantamal IX Ambon meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, Dokter Gigi, D-III Perkapalan, D-III Teknik Mesin.
9. Wilayah Lantamal X Jayapura meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Kesehatan Gigi, D-III Teknik Elektro, D-III Perkapalan, D-III Teknik Mesin.
10. Wilayah Lantamal XI Merauke meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, Dokter Gigi, D-III Kesehatan Gigi, D-III Kebidanan.
11. Wilayah Lantamal XIII Tarakan meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, D-III Keperawatan.
12. Wilayah Lantamal XIV Sorong meliputi : S-1 Profesi Dokter Umum, Dokter Gigi, S-1 Komputer, D-III Keperawatan, D-III Kebidanan.
Sementara persyaratan yang harus dipenuhi diantaranya adalah :
1. Warga Negara Indonesia Pria/Wanita yang bertaqwa kepada Tuhan YME dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai hukum tetap karena melakukan tindak pidana kejahatan.
Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS / Anggota TNI/Polri maupun pegawai BUMN/BUMD atau sebagai CPNS atau prajurit TNI/Polri dan siswa sekolah ikatan dinas pemerintah.
Tidak bersuami/beristrikan seorang yang berkewarganegaraan asing atau tanpa kewarganegaraan dengan mencantumkan surat keterangan dari kelurahan/kepala desa. Tidak sebagai peserta seleksi CPNS pada kementerian/lembaga pemerintah lain.
Tidak pernah terlibat gerakan yang menentang Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, memiliki kualifikasi pendidikan sesuai persyaratan jabatan.
Pada tanggal 1 Desember 2018 usia minimal 18 tahun. Maksimal 35 tahun, IPK minimal 2,75 PTS dengan akreditasi A minimal 2,50. PTN dengan akreditasi B minimal 2,75. PTS dengan akreditasi A minimal 2,75 dan PTS dengan akreditasi B minimal 3,00, bersedia ditempatkan diseluruh wilayah NKRI.
2. Sehat jasmani dan rohani, tinggi badan minimal Pria 160 cm dan Wanita 155 cm dengan berat badan seimbang.
Tidak buta warna, tidak bertindik, tidak bertatto ataupun bekasnya. Bersedia mengembalikan biaya yang dikeluarkan negara apabila dinas sesuai indeks biaya pengadaan.
Bagi pelamar wanita tidak dalam keadaan hamil pada waktu melamar dan seleksi, bersedia menjalani ikatan dinas untuk tidak keluar dan atau pindah ke instansi atau kementrian lain sekurang-kurangnya 10 tahun terhitung mulai tanggal pengangkatan menjadi PNS.
Tidak memiliki ketergantungan terhadap narkotika dan obat-obatan terlarang atau sejenisnya.
Cara mendaftar, pertama calon mendaftar secara online melalui website HTTPS://SSCN.BKN.GO.ID dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) / NIK pada Kartu Keluarga dan Nomor Kartu Keluarga (KK).
Kedua, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi dapat mencetak Kartu Peserta Ujian secara online melalui website HTTPS:SSCN.BKN.GO.ID dimulai pada tanggal 3 s/d 7 Oktober 2018.
Ketiga, daftar ulang secara fisik ketempat pendaftaran yang telah ditentukan dengan menunjukan cetakan formulir pendaftaran dan menyerahkan :
a) Surat lamaran tulisan tangan bermaterai enam ribu rupiah.
b) Pas foto terbaru bewarna ukuran 3 x 4 dengan latar belakang merah, tidak bertutup kepala dan berkacamata, masing-masing tiga lembar.
c) Foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP).
d) Foto kopi ijasah dan transkrip nilai dilegalisir.

e) Daftar riwayat hidup singkat.
f) Foto kopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat.
g) Surat keterangan bebas narkoba terbaru yang dikeluarkan oleh rumah sakit pemerintah (Pemda).
h) Foto kopi AK-1/Kartu kuning dari Depnaker Trans.
i) Surat keterangan sehat terbaru dari dokter RS pemerintah dengan melampirkan hasil Lab tertanda photo thorax, urine rutin, kimia darah, darah rutin, fungsi hati dan fungsi ginjal.
j) Berkas lamaran dimasukkan dalam map warna merah untuk S-1, map warna kuning untuk D-III.
k) Surat keterangan tidak dalam keadaan hamil dari dokter pemerintah.
l) Membawa dokumen asli.
Ketentuan lain :
a) Lamaran dibuat rangkap satu.

b) Nama pelamar harus ditulis lengkap beserta gelar akademik untuk S-1 dan D-III.

c) Alamat ditulis lengkap beserta kode pos dan no. telepon.

d) Tidak dipungut biaya apapun.

Lamaran ditujukan kepada Kepala Staf Angkatan Laut Up. Kadisminpersal dengan alamat Mabes TNI AL Cilangkap Jaktim Kode Pos 13870.
Para pelamar dapat mengikuti pelaksanaan seleksi sesuai jadwal yang telah ditentukan yaitu:
1. Seleksi kompetensi dasar tanggal 8 s/d 9 Oktober 2018 meliputi, tes wawasan kebangsaan, tes inelegensi umum, tes karakteristik pribadi.
2. Seleksi kompetensi bidang tanggal 25 Oktober s/d 4 November 2018 meliputi, pemeriksaan kesehatan umum, kesamaptaan jasmani dan mental ideologi (screening) dilaksanakan di Mabes TNI AL (Wilayah Barat), Lantamal VI Makassar (Wilayah Tengah) dan Lantamal X Jayapura (Wilayah Timur).
3. Pengumuman peserta yang dinyatakan lulus dilakukan oleh pejabat pembina kepegawaian berdasarkan hasil integrasi nilai seleksi kompetensi dasar dan nilai kompetensi bidang dari Badan Kepegawaian Negara pada tanggal 26 November 2018. (mond)