Breaking News

Hari ini Indonesia Peringati Hari Batik, Simak 5 Fakta Unik Tentang Batik

D'On, Padang,- Pada tanggal 2 Oktober 2009, UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dimulai dari situ, sampai sekarang setiap tanggal 2 Oktober, seluruh lapisan masyarakat Indonesia merayakan hari tersebut sebagai Hari Batik Nasional.
Nah, berikut adalah 5 fakta menarik tentang batik yang perlu Anda tahu.
1.    Kata “Batik” berasal dari bahasa Jawa, yaitu “amba”, dan “titik”. “amba” yang bermakna menulis, dan “titik yang berarti titik.
2.    Tidak hanya digemari di Indonesia, batik juga sangat digemari di luar negeri. Beberapa tokoh dunia juga pernah memakai batik seperti, Nelson Mandela, Kate Middleton, dan masih banyak lagi.
3.    Batik Indonesia pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang waktu itu memakai batik pada saat Konferensi PBB.
4.    Motif batik, di setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki motif yang berbeda-beda, hal ini dikarenakan perbedaan budaya, seni, letak geografis, dan berbagai hal lainnya.
5.    Teknik membatik, ada tiga teknik yang digunakan dalam membatik. Teknik tersebut adalah teknik tulis, teknik cap, dan teknik sablon (print).
Itulah lima fakta menarik tentang batik, mari terus menjaga dan  lestarikan budaya bangsa. (AR)