Breaking News

Ini Sebab Mata Terlihat Lelah Meski Sering Tidur


D'On, Padang,- Pekerjaan yang menumpuk dan banyak membuat sering lembur dan cepat merasa capek. Meski selalu mengusahakan untuk mempunyai kualitas tidur yang cukup, namun kantuk dan lelah terkadang masih menghampiri.
Hal ini membuat sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Ternyata ada alasan lain lho mengapa meski kita sering tidur tapi mata masih terlihat lelah. Kita cari tahu alasan lainnya seperti yang sudah dirgantaraonline.co.id himpun dari berbagai sumber ini, MInggu (28/10):

1. Dehidrasi

Nggak cuma menyebabkan kulit kering dan rentan jerawat saja. Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab kenapa terlihat capek meski sudah cukup tidur. Pasalnya dehidrasi bisa mengganggu aliran darah dan dapat menurunkan kinerja hati.

2. Otot mata tegang

Mata mudah lelah bisa juga disebabkan karena terlalu lama memandang layar komputer atau pekerjaan. Hal itu bisa menyebabkan otot mata menjadi tegang sehingga bisa membuat pembuluh mata di sekitar mata menjadi lebih besar. Cobalah untuk memberikan waktu sejenak untuk mata agar bisa beristirahat dengan aturan setiap 20 menit melihat ke arah lain minimal 20 detik.

3. Alergi

Alergi biasanya disebabkan oleh pelepasan zat kimia seperti histamin yang bisa melebarkan pembuluh darah sehingga bisa memengaruhi aliran darah di bawah mata ikut melebar. Selain itu histamin juga bisa membuat penumpukan cairan di bawah mata sehingga membentuk lingkaran gelap pada mata. Makanya, untuk mengurangi pembengkakan kamu bisa mengompresnya dengan es semalaman.

4. Makanan asin

Kalau kamu pernah merasakan mata menjadi bengkak saat di bangun tidur, bisa disebabkan karena kamu terlalu banyak memakan makanan yang mengandung garam. Untuk mengatasi mata bengkak, kamu bisa mulai mengurangi asupan garam ataupun masker kopi untuk meredakan pembengkakan.

5. Usia

Faktor usia juga bisa menjadi penyebab kantung mata menjadi gelap dan terlihat lelah. Semakin bertambahnya usia, kulit akan kehilangan elastisitas sehingga bisa kendur. Produksi lemak dan kolagen pada kulit juga bisa menurun seiring bertambahnya usia sehingga membuat kulit menjadi tipis.

Nah mulai sekarang jangan bingung lagi kenapa kamu masih terlihat lelah meski sudah tidur cukup. Jadi masih ada beberapa solusi yang bisa kamu coba untuk mengatasinya. (dinda)