Breaking News

Pentagon Kerahkan 800 Pasukan Amankan Perbatasan Meksiko-Amerika Serikat

D'On, Washington (AS),- Pentagon diperkirakan akan mengerahkan sekitar 800 pasukan ke perbatasan Amerika Serikat (AS)-Meksiko. Keputusan ini diambil setelah Presiden Donald Trump mengatakan militer akan membantu menangani situasi "darurat nasional".

Pentagon berecana menambah sekitar 2.000 atau lebih pasukan Garda Nasional yang dikerahkan untuk mendukung operasi di perbatasan, dan bisa datang dari beberapa pangkalan militer di seluruh AS.

Menteri Pertahanan Jim Mattis diperkirakan akan menandatangani perintah untuk pengiriman pasukan ini.

Pasukan akan termasuk dokter dan insinyur dan akan digunakan terutama untuk memberikan dukungan logistik termasuk tenda, kendaraan, dan peralatan.

Pasukan itu akan memenuhi elemen "daftar keinginan" terkait bantuan militer yang dikirim ke Pentagon oleh Kementerian Keamanan Dalam Negeri, yakni badan AS yang bertanggung jawab atas perbatasan.

"Saya memerintahkan pasukan militer keluar menuju Darurat Nasional ini. Mereka (imigran) akan dihentikan!" kata Trump, seperti dilaporkan AFP, Jumat (26/10/2018).

Pada April, Trump mengatakan akan mengirim ribuan pasukan Garda Nasional ke perbatasan selatan.

Otorisas AS memungkinkan sekitar 4.000 penjaga dikirim ke perbatasan, namun hanya sekitar setengah dari jumlah itu yang dikerahkan.

Pasukan terutama bertugas membantu membebaskan petugas patroli perbatasan.

"Kementerian Pertahanan saat ini bekerja dengan Kementerian Keamanan Dalam Negeri untuk menentukan secara spesifik dukungan kami kepada pihak berwenang di perbatasan," kata Juru bicara Pentagon, Kapten Angkatan Laut Bill Speaks. (AFP)