Breaking News

Presiden Jokowi Minta TNI-Polri Jaga SPBU dan Pusat Ekonomi di Palu

D'On, Palu,- Masalah keamanan masih jadi perhatian pemerintah pasca insiden pengambilan barang di Palu dan sekitarnya. Aksi pengambilan barang oleh warga setempat itu bukannya tanpa sebab, di tengah kondisi panik, warga yang menjadi korban gempa dan tsunami tentu sangat membutuhkan pasokan makanan hingga BBM untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Karena itu, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto untuk mengirimkan personel ke SPBU serta pusat-pusat perekonomian.
"Tadi malam saya sampaikan ke Kapolri dan Panglima agar penjagaan di SPBU dan pusat-pusat ekonomi diberikan sehingga semua toko bisa buka," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (2/10).
Selain itu, Jokowi juga telah memberikan arahan kepada para menteri untuk bergerak cepat dalam pemenuhan kebutuhan warga di Palu dan sekitarnya. Seperti dukungan infrastruktur, logistik, hingga akses transportasi.
"Kemarin sudah saya sampaikan kepada menteri-menteri terkait urusan BBM, penting sekali, urusan listrik juga segera diselesaikan. Kemudian infrastruktur-infrastruktur yang memberikan dukungan kepada kecepatan penanganan, logistik dan lain-lain juga airport yang segera bisa normal kembali ini yang terus kita dorong," ungkapnya.

Dengan begitu, Jokowi berharap, penanganan gempa dan tsunami Palu bisa tertangani dengan cepat, sehingga tahapan pemulihan pasca bencana segera dimulai.
"Dan ekonomi kembali normal sehingga kita bisa masuk ke tahapan selanjutnya yaitu rehabilitasi dan rekonstruksi," pungkasnya. (ses)