Breaking News

Ungkap Rasa Syukur Atas Kenaikan Pangkat, 72 Marinir Santuni Anak Yatim

D'On, Surabaya (Jatim),- Sebanyak 72 prajurit Korps Marinir dari Batalyon Infanteri (Yonif) 1 Marinir naik pangkat. Sebagai rasa syukur, puluhan prajurit itu berbagi kebahagiaan dengan menyantuni anak yatim piatu.

Komadan Yonif 1 Marinir, Letkol Marinir Danang Wahyu Isbiantoro bersama prajurit yang naik pangkat memberikan santunan kepada anak yatim piatu. “Pemberian santunan kepada anak yatim piatu ini sebagai ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dan berbagi kepada sesama,” kata Letkol Danang, Jumat (26/10).

Dari 72 prajurit Yonif 1 Marinir yang menyandang pangkat baru satu tingkat lebih tinggi itu terhitung mulai periode 1 Oktober 2018 lalu. Rinciannya 1 orang dari Pelda ke Peltu, 1 orang dari Serma ke Pelda, 5 orang dari Serka ke Serma, 10 orang dari Serda ke Sertu, 10 orang dari Koptu ke Kopka, 10 orang dari Kopda ke Koptu, 14 orang dari Praka ke Kopda, 10 orang dari Pratu ke Praka,10 orang dari Prada ke Pratu.

Letkol Danang mengatakan, kenaikan pangkat merupakan salah satu wujud nyata penghargaan dari dinas atas prestasi, dedikasi dan loyalitas yang sudah ditunjukkan oleh para prajurit yang naik pangkat. Disamping itu, kenaikan pangkat juga merupakan bagian dari pelaksanaan sistem pembinaan personel yang diorientasikan bagi kepentingan organisasi.

“Kenaikan pangkat ini juga merupakan wujud penghargaan negara atas prestasi yang telah ditunjukkan selama mengemban tugas dan tanggung jawab pada jabatannya. Sekaligus merupakan kehormatan, yang mengandung konsekuensi kewajiban untuk menjaga, memelihara dan memberikan tauladan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tegasnya.

Ia pun mengucapkan selamat kepada prajurit yang naik pangkat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat semula. Sementara itu bagi prajurit yang belum naik pangkat, Komandan berharap agar tidak berkecil hati, karena tidak berarti lebih buruk dari yang lain, sebab ukuran baik-buruk di lingkungan militer tidak dilihat dari pangkat dan jabatannya tetapi bagaimana dapat melaksanakan tugas dengan baik.

Seremoni kenaikan pangkat juga dilakukan dengan penyiraman air bunga kepada prajurit yang naik pangkat. Dilanjutkan pemberian ucapan selamat, kemudian rangkaian kegiatan dilanjutkan syukuran kenaikan pangkat di Gedung Edianto Balai Prajurit Brigif 2 Marinir dengan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada perwakilan prajurit Sertu Mar Sarjono dan Pratu Mar Teguh Endra. (cak)