Breaking News

Minggu Lusa Akan Diketahui Hasil Sampel DNA Korban Lion Air

D'On, JAKARTA,- Tim DVI telah melakukan pemeriksaan sample DNA dari 272 bagian tubuh korban Lion Air PK-LQP JT 610. Diperkirakan sebagian sample yang telah diambil tersebut akan keluar hasilnya pada minggu ini.

Terkait hal tersebut Kepala Laboratorium DNA Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Kombes Pol Putut Cahyo Widodo,  mengungkapkan, pihaknya masih memeriksaan dan pengambilan sample jenazah yang diterima oleh RS Polri.

"Kami memperkirakan hasil sampel DNA kemungkinan akan keluar pada hari Minggu, karena perhitungannya empat hari laboratorium," ujar Kombes Putut, Jumat (2/11/2018) kepada wartawan.

Dijelaskan Putut, bahwa hasil pengambilan sample DNA akan di ketahui paling cepat 4 hari hingga 8 hari kedepan setelah pengambilan sample dan dibawa ke laboratorium. Sejak Senin (29/10) lalu, pihak rumah sakit Polri Kramat Jati menerima sebanyak 24 kantong jenazah yang berisikan bagian potongan tubuh korban.

Setelah menerima 24 kantong tersebut pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap kondisi jenazah pada Selasa (30/10). Setelah itu pada Rabu (31/10) pihaknya mengambil sample DNA dari jenazah yang telah melalui proses pemeriksaan. Selanjutnya pada Kamis (1/11) RS Polri baru mengirim sample DNA ke laboratorium untuk dilakukan proses pengujian.

Diperkirakan, pada Minggu (4/11)esok, 24 jenazah yang lebih dulu di ambil sample DNAnya akan terlihat hasilnya. Perhitungan hasil sample diketahui ketika sample DNA tiba di lab laboratorium untuk diperiksa.

"Misalnya yang jenazah penumpang pesawat itu tiba kan hari Senin, tapi baru masuk ke DVI hari Selasa, nah Rabu nya baru kita bisa lakukan pemeriksaan DNA nya. Karena sampelnya baru dikirim dua hari berselang," kata dia.

Hasil-hasil tersebut juga sama dengan tahapan jenazah yang diterima Rumah Sakit Polri Kramat Jati, dimana RS Polri pada hari pertama menerima 24 kantong jenazah, hari kedua 24 kantong jenazah, hari ketiga 8 kantong jenazah, hari ke empat 9 kantong jenazah. Seluruhnya saat ini sebanyak 65 kantong jenazah yang diterima oleh pihak RS Polri yang terdiri dari 272 bagian tubuh korban pesawat Lion JT610. (ning)