Breaking News

Jet Tempur Gripen Tetap Tidak Bisa Diremehkan

D'On, Swedia,- Sebagian orang, terutama para pengagum jet tempur Rusia, pernyataan Komandan Angkatan Udara Swedia, Mats Helgesson pada awal tahun 2019 lalu akan dicibir bahkan ditertawakan. Tetapi sesungguhnya jet tempur kecil ini tidak bisa diremehkan bahkan oleh jet-jet tempur kelas berat.

Seperti dilaporkan sebelumnya Saab telah menerbangkan pesawat Gripen E seri produksi pertama untuk Swedia.  Pesawat memiliki pola kamuflase yang mengingatkan skema Angkatan Udara Swedia (SwAF) pada era Perang Dingin.

Swedia akan menerima 60 Gripen E pertama sebelum akhir tahun ini, dengan pengiriman hingga 2026. Satu-satunya pelanggan internasional hingga saat ini, Brasil, telah memesan batch awal 28 Gripen E dan delapan kursi ganda Gripen F akan dikirimkan antara 2021 dan 2024. Kedua negara telah membuka opsi untuk pengadaan lebih lanjut.

Jet tempur Sukhoi Rusia telah mencapai semacam status legendaris karena kemampuan mereka untuk melakukan manuver yang sangat ekstrem untuk diandalkan dalam menghindari serangan maupun mengambil posisi serang, Gripen sepertinya telah memecahkan rahasia untuk mengalahkannya.

Gripen tidak dapat membawa senjata banyak dan tidak memiliki kemampuan siluman. Selain itu Gripen juga bukan jet jarak jauh ataupun tercepat. Tetapi memiliki fokus tunggal yang membuatnya menjadi mimpi buruk bagi jet tempur Rusia.

Justin Bronk, pakar pertempuran udara di Royal United Services Institute, mengatakan kepada Business Insider seperti A-10 Warthog yang memiliki dibangun saat lingkungan perang dipenuhi meriam besar.

(BDMI)