Breaking News

Tidur Terlalu Lama Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

D'On,- Kurang tidur bisa meningkatkan risiko struke. Kalau terlalu lama tidur juga sama, bisa meningkatkan risiko stroke. Maka dari itu, sebaiknya tidur dengan durasi cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Sebuah peneleitian terbaru mengungkap bahwa tidur siang terlalu lama atau tidur malam sembilan jam atau lebih bisa meningkatkan risiko stroke. Dilansir dari Medical Xpress, temuan ini telah dipublikasikan pada jurnal Neurology. Pada temuan ini, tidur siang juga disebut bisa berdampak pada kondisi stroke seseorang.

Seeorang yang rutin tidur siang lebih dari 90 menit memiliki peluang 25% lebih besar mengalami stroke dibanding yang hanya tidur siang selama 30 menit. Semakin lama seseorang tidur siang, semakin besar peluang stroke yang dimilikinya.

Penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk memahami bagaimana tidur siang dan tidur terlalu lama di malam hari mungkin berhubungan dengan meningkatnya risiko stroke.

Namun penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa orang yang tidur siang lebih lama dan sering tidur mengalami perubahan pada tingkat kolesterol dan meningkatnya lingkar pinggang yang keduanya merupakan faktor risiko stroke.

“Sebagai tambahan, tidur siang dan malam terlalu lama bisa menghadirkan gaya hidup kurang aktif secara keseluruhan yang juga berhubungan dengan meningkatnya risiko stroke,” kata Xiaomin Zhang MD, Ph.D., dari Huazhong University of Science and Technology di Wuhan, China.

Hasil penelitian ini melibatkan 31.750 partisipan di China dengan usia rata-rata 62 tahun. Para partisipan ini tidak memiliki rejarah stroke atau masalah kesehatan besar lainnya pada awal penelitian.

Para narasumber ini diteliti selama enam tahun. Dalam jangka waktu tersebut, terdapat 1.557 kasus stroke yang terjadi.

Narasumber diberi pertanyaan mengenai kebiasaan tidur malan dan siang mereka. Delapan persen narasumber tidur siang lebih lama dari 90 menit. 24 persen narasumber mengatakan bahwa mereka tidur selama sembilan jam atau lebih setiap malam.

(Dinda)