Breaking News

Kemenlu Pastikan 93 WNI di Wuhan Tak Terserang Virus Corona


D'On, Jakarta,- Kementerian Luar Negeri memastikan saat ini masih ada 93 warga negara Indonesia yang terjebak di dalam Kota Wuhan, Cina. Mereka belum dapat keluar kota karena isolasi Kota Wuhan oleh pemerintah Cina, karena penyebaran Virus Corona.

Meski begitu, Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha, memastikan tak ada WNI di sana yang terpapar virus ini. 

"Saat ini 93 WNI tersebut dalam keadaan sehat. Mayoritas adalah mahasiswa yang tinggal di asrama," kata Judha dinukil dari Tempo, Sabtu, 25 Januari 2020.

Judha mengatakan Kemenlu terus memonitor situasi di Wuhan. Koordinasi terus dilakukan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Cina, dan juga dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok (PPTI) yang ada di sana. 

Koordinasi ini dilakukan dengan menggunakan aplikasi chat media sosial.
"Kemenlu-KBRI Beijing-PPIT telah bentuk WeChat group untuk memonitor situasi dan memberikan bantuan yang diperlukan," kata Judha.

Dari informasi terakhir, dikabarkan Virus Corona telah menewaskan 41 orang di Cina. Virus ini muncuk pertama kali di Wuhan. Bahkan saat ini, virus telah menyebar ke 13 kota lain di Cina, dan menyebabkan 41 juta orang terdampak.

Pemerintah Cina telah membentuk tim khusus yang terdiri dari 14 ahli untuk mencegah penyebaran virus ini. Selain itu tentara medis juga dikeluarkan Cina untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk.

Source: Tempo