Breaking News

Wabah Virus Corona Terus Menguat, Otoritas China Sebut Orang Bisa Terjangkit Tanpa Gejala

D'On, Tiongkok,- Saat ini terdapat kurang lebih dua ribu orang dinyatakan terjangkit virus corona. Otoritas China mengatakan ada orang-orang yang terjangkit dalam masa inkubasi virus, artinya gejala tertularnya tidak tampak, sehingga dalam kasus ini membuat virus sulit untuk diantisipasi.

Menteri Kesehatan China Ma Xiaowei mengatakan bahwa penyebaran virus tampaknya menguat. Jumlah pasien virus corona yang meninggal saat ini telah mencapai 80 orang.

Beberapa kota di China telah memberlakukan pembatasan perjalanan yang signifikan. Kota Wuhan di Provinsi Hubei yang menjadi sumber wabah saat ini telah ditutup total.

"Infeksi saat ini berada pada tahap genting untuk ditahan," kata Xiaowei, dilansir dari laman BBC, Senin (27/1).

Pada manusia, periode inkubasi - di mana seseorang memiliki penyakit, tetapi belum ada gejala - berkisar antara 1 hingga 14 hari. Tanpa gejala, seseorang mungkin tidak tahu mereka memiliki infeksi, tetapi masih dapat menyebarkannya.

Ahli kesehatan James Gallagher mengatakan fakta ini menunjukkan perkembangan signifikan dari virus corona. Ia juga menyebut bahwa virus corona lebih sulit diatasi ketimbang SARS atau Ebola yang gejala penularannya tampak.

Otoritas di China mengumumkan bahwa penjualan semua satwa liar telah dilarang sejak Minggu (26/1). Virus corona diduga berasal dari hewan, tetapi belum ada penyebab yang secara resmi diidentifikasi

Saat ini virus telah menyebar ke banyak negara, antara lain Thailand, Taiwan, Jepang, Korea Selatan, Vietnam, Singapura, Malaysia, Nepal, Prancis, Kanada, dan Australia. Meski telah menyebar ke banyak negara, kasus kematian akibat virus hanya terjadi di China.

Sumber: BBC/akurat