Breaking News

Australia Karantina Warga dari Wuhan di Dekat Pulau Jawa


D'On, Australia,- Pemerintah Australia mengevakuasi 300 warganya dari Wuhan, China dan diterbangkan ke Christmas Island untuk dikarantina di sana. 

Kloter pertaman berisi 243 warga Australia termasuk 89 anak-anak saat ini sedang dalam perjalanan menuju ke pulau terpencil itu saat ini. Sedangkan kloter kedua akan diberangkatkan pada pekan ini.

Prosedur yang dilakukan pemerintah Australia, sama seperti di Indonesia di mana para WNI Wuhan harus transit dan diobservasi di Kepulauan Natuna. Para penumpang pesawat akan transit untuk observasi di pulau terluar selama 14 hari. 

Pesawat Qantas Boeing 747 akan terbang dari Wuhan ke Pangkalan Udara Exmouth di Australia Barat sebelum akhirnya pindah pesawat menuju Christmas Island.

"Kami telah memprioritaskan warga Australia yang rentan dan terisolasi," kata Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne di Canberra, seperti dikutip dari Reuters, Senin (3/2/2020).

Christmas Island terletak 2.600 kilometer (1.600 mil) dari arah barat laut kota Perth, Australia Barat.

Pulau berpenduduk 1.400 orang itu, lebih dekat dari Pulau Jawa daripada ke Australia, Christmas Island hanya berjarak 500 km (310 mil) dari selatan Jawa, dan 975 km (606 mil) dari Cocos Island. 

Pulau dengan Flying Fish Cove sebagai ibu kotanya itu terkenal sebagai pusat penahanan imigrasi. Ada lebih dari 600 warga Australia di Wuhan dan di sekitar provinsi Hubei yang terisolasi setelah pemerintah China mengisolasi beberapa kota di Provinsi Hubei.

Source: Reuters