Breaking News

Kisah Alcatraz Penjara yang Terisolir nan Kejam Kini Disulap Menjadi Destinasi Wisata


Dirgantaraonline.co.id,- Alcatraz adalah penjara terkenal yang ada di Pulau Alcatraz, San Francisco, California. Ketenaran penjara Alcatraz dikarenakan lokasinya yang sangat terisolir dan dikelilingi oleh air.

Di tempat ini para penjahat terkenal ditahan dan disiksa. Udah ditutup sejak tahun 1963, sekarang Penjara Alcatraz udah berubah fungsi jadi tempat wisata.Setiap tempat, termasuk Penjara Alcatraz pasti punya fakta yang menarik. Apa aja fakta menarik seputar penjara paling ketat di dunia itu? Berikut ulasannya.

1. Taman Indah

Walaupun tempat ini adalah penjara, tapi Alcatraz punya spot cantik untuk dinikmati. Di Alcatraz, ada sebuah taman yang indah. Disana ditanam beberapa jenis bunga yang dirawat oleh para penjaga. Taman tersebut udah ada dan dirawat bahkan saat Alcatraz berfungsi sebagai penjara aktif.

Di tahun 1933, Penjara Alcatraz ditutup dan para tahanannya dipindahkan ke penjara lain. Setelah ditutup, penjara dan taman tersebut jadi terbengkalai. Ajaibnya, tanaman yang ada di taman tersebut masih tetap bertahan.

Di tahun 2003, taman di Alcatraz bekerja sama dengan National Park Service untuk kembali menghidupkan dan merawat taman tersebut. Jadi, kalo suatu saat kamu melakukan tour ke Alcatraz, kamu masih bisa menikmati indahnya Taman Alcatraz.

2. Konon Berhantu

Gak cuma tahanan, di tempat ini para petugas juga ada yang mengaku bahwa mereka melihat penampakan hantu.Sempat ditinggalkan dan gak terurus, Penjara Alcatraz konon dihuni oleh makhluk yang gak terlihat.

Jangankan sekarang, bahkan saat penjara ini masih aktif aja, banyak tahanan yang mengaku bahwa mereka sering melihat penampakan hantu. Gak cuma tahanan, petugas juga ada yang mengaku bahwa mereka melihat penampakan hantu.

3. Gak Menerapkan Hukuman Mati

Pemerintah gak menyediakan fasilitas khusus untuk mengeksekusi mati para tahanan.Penjara menyeramkan seperti Alcatraz ternyata gak menerapkan hukuman mati di sana.

Pemerintah gak menyediakan fasilitas khusus untuk mengeksekusi mati para tahanan. Sekalipun ada yang meninggal, itu karena mereka dibunuh oleh tahanan lain, bunuh diri, dan meninggal karena faktor alami.

Meski gak ada hukuman mati, Alcatraz punya jenis hukuman yang berbeda. Jadi, Penjara Alcatraz terbagi dalam beberapa level, tiap level punya hukuman yang berbeda. Blok D misalnya, di blok inilah para tahanan ditempatkan di tempat yang terisolir, gak ada kontak dengan tahanan lainnya. Ada 36 sel terisolir di Alcatraz. Enam diantaranya tempat dilakukan siksaan paling berat.

4. Tahanan Kabur

Tercatat sebanyak 36 tahanan yang mencoba kabur. Cuma 23 yang berhasil ditangkap, 6 diantaranya ditembak mati dan 2 tenggelam.Selain tempatnya yang gak nyaman, para tahanan juga sering mendapat perlakuan gak menyenangkan dari sesama tahanan dan penjaga.

Maka dari itu, gak heran ada tahanan yang mencoba melarikan diri dari penjara. Tapi, mungkinkah kabur dari Penjara Alcatraz? Mengingat tempatnya yang di tengah pulau dan dikelilingi oleh air?Ternyata, emang ada sejumlah tahanan yang mencoba untuk melarikan diri dari Alcatraz.

Tercatat sebanyak 36 tahanan yang mencoba kabur. Cuma 23 yang berhasil ditangkap, 6 diantaranya ditembak mati dan 2 tenggelam. Lima lainnya yang masih hilang, dinyatakan meninggal karena tenggelam karena gak pernah ditemukan.

5. Ruangan Sel Kecil

Penjara dibangun sedemikian rupa agar para tahanan gak nyaman tinggal di dalam sel.Penjara dibangun sedemikian rupa agar para tahanan gak nyaman tinggal di dalam sel. Kalau selnya nyaman, bukan hukuman namanya.

Penjara Alcatraz, penjara yang sangat terkenal bukan cuma karena ketatnya, tapi juga karena selnya yang sangat kecil.Terdiri dari beberapa blok, ada beberapa blok yang selnya dibuat sekecil mungkin, tanpa alas tidur, cuma ada toilet, dan tempat mencuci tangan.

Dijamin para kriminal akan merasa gak nyaman kalo sampai ditempatkan di sel tersebut. Adalah blok b dan blok c yang menjadi blok dengan ruangan sel terkecil. Bayangkan aja, ruangan sel disana cuma sekitar 1,5 sampai 2,7meter aja.

6. Penjara Bagi Para Pembangkang

Awalnya penjara ini diperuntukan bagi para pembangkang.Di tahun 1895, fungsi Alcatraz bukan jadi penjara, melainkan sebagai benteng pertahanan. Meski demikian, gak menutup kemungkinan ada sejumlah orang yang ditahan di dalam benteng tersebut.

Dan nyatanya emang ada orang yang ditahan di dalam benteng tersebut. Total ada 19 orang Indian Hopi yang ditahan disana. Penahanan mereka bukanlah tanpa sebab. Total 19 orang yang ditahan adalah para petani yang membangkang.

Mereka ditahan karena menolak bekerja sesuai perintah dari pemerintah. Selain itu, mereka juga menolak peraturan dimana anak-anak diharuskan menjalani pendidikan di sekolah milik pemerintah.

7. Benteng

Di tahun 1895, fungsi Alcatraz bukan jadi penjara, melainkan sebagai bentengpertahanan.Sebenarnya, Penjara Alcatraz bukan sebuah penjara.Di jaman dulu, sekitar tahun 1850an, tempat ini awalnya dijadikan sebuah benteng.

Benteng tersebut diresmikan oleh Presiden Millard Fillmore. Di tahun 1859, tepat 2 tahun sebelum terjadi Civil War, para pasukan mulai bergerak untuk mempertahankan area teluk.

Tahun 1907, Alcatraz resmi berubah fungsi yang semula benteng, menjadi sebuah penjara. Cukup lama Penjara Alcatraz aktif menjadi tempat tahanan bagi para kriminal Amerika. Sampai akhirnya tahun 1933, Penjara Alcatraz kemudian tutup. Semua tahanan yang ada disana, dipindahkan ke Bureau of Prisons.

(Dinda)