Breaking News

Meningkatkan Keimanan hingga Meninggal dalam Keadaan Syahid, Inilah 5 Keutamaan Membaca Surah Ar-Rahman


Dirgantaraonline.co.id,- Setiap surah di dalam Al-Qur'an pasti memiliki Keutamaan yang berbeda-beda dan luar biasa. Salah satu yang akan kita bahas kali ini adalah tentang Keutamaan Surah Ar-Rahman.

Surah Ar-Rahman sering dikenal sebagai pengantin Al-Qur'an (arus Al-Qur'an) yang didasarkan pada hadis Nabi Muhammad saw yang diriwayatkan Imam Baihaqi.
"Segala sesuatu memiliki pengantin, dan pengantinnya Al-Qur'an adalah Surah Ar-Rahman."

Surah yang memiliki arti Maha Pengasih ini secara gamblang menjelaskan bahwa bentuk kasih sayang Allah terhadap semua makhluknya sangat tidak terbatas.

Melalui surah ini pula berulang kali Allah mengingatkan kepada manusia agar selalu mensyukuri Nikmat dari-Nya. Penggalan ayat yang sangat populer dan diulang sebanyak 31 kali dalam Surah Ar-Rahman adalah:

Fa bi ayyi aalaa i rabbikumaa tukadzibaan

Artinya: "Maka Nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan."

Adapun keistimewaan Surah Ar-Rahman di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan keimanan

Kata Ar-Rahman yang berarti pengasih bagi seluruh makhluknya membuktikan kepada kita bahwa segala yang ada di dunia ini adalah milik-Nya. Oleh sebab itu, dengan merenungi kandungan Ar-Rahman maka kita dapat menggingat segala kebesaran-Nya dan selalu percaya kepada-Nya.

2. Mengingatkan kita akan Nikmat Allah

Penggalan ayat yang sangat populer di atas berulang-ulang dikatakan Allah untuk menegaskan bahwa Nikmat yang dirasakan manusia tidak terbatas. Mulai dari Nikmat yang kerap tidak kita sadari seperti kemampuan melihat, mendengar, bernapas, hingga Nikmat besar lainnya.

3. Selalu mendapat ridho dari Allah Swt

Ketika apa yang kita usahakan diridhoi Allah, maka insyaAllah akan diberi kemudahan dan kepuasan ketika kita meraihnya.

Rasulullah saw bersabda dalam tafsir Ats-Tsaqolayn, "Barang siapa membaca Surah Ar-Rahman, maka Allah akan menyayangi kelemahannya dan meridhoi Nikmat yang dikaruniakan kepadanya."

4. Mendapat syafaat di hari kiamat

Hari hancurnya jagat raya ini memang tidak ada yang mengetahui kapan datangnya, tapi sebagai orang beriman kita wajib percaya kiamat pasti akan terjadi. Penolong (syafaat) yang kita harapkan kelak salah satunya bisa didapatkan dengan memperbanyak membaca Surah Ar-Rahman.

5. Meninggal dalam keadaan Syahid

Setiap manusia pasti akan mati. Harapannya saat kematian datang kita berada dalam keimanan yang kuat dan dengan cara yang sebaik-baiknya. Dengan memperbanyak membaca Surah Ar-Rahman, kita mendapat jaminan akan mati dalam keadaan Syahid sehingga insyaAllah akan masuk surga.

Rasulullah bersabda, "Barang siapa yang membaca Ar-Rahman, dan ketika membaca kalimat fabiayyi aala’i rabbikuma tukadzibaan kemudian jika dia mengucapkan, 'tidak ada satupun Nikmat-Mu dari Tuhanku yang aku dustakan,' maka jika membacanya di malam hari kemudian ia meninggal, maka matinya seperti mati Syahid, jika membacanya di siang hari kemudian ia meninggal, maka matinya seperti mati Syahid." 

(Diriwayatkan oleh Imam Ja’far)

Wallahu a'lam.