Breaking News

Tidak Sengaja Mengucap Zikir ketika di Kamar Mandi, Bagaimana Hukumnya?


Dirgantaraonline.co.id,- Dzikir berarti mengingat nama Allah sehingga kita menjadi lebih dekat dengan-Nya dan dapat meningkatkan ketakwaan.

Umunya, orang yang terbiasa menyebut nama Allah seperti subhanallah, alhamdulillah, astaghfirullah dan lainnya akan terbiasa mengucapkannya dalam berbagai situasi dan kondisi.

Hingga banyak orang yang secara tidak sengaja melafazkan kalimat-kalimat di atas ketika berada di kamar mandi. Padahal di dalam Islam, kamar mandi merupakan tempat yang didiami setan serta tempatnya najis dan kotoran. Bagaimana hukumnya?

Pertama perlu diketahui bahwa zikir terdapat dua macam yakni yang dilafazkan dengan lisan dan yang dibaca hanya di dalam hati.

Para ulama sepakat bahwa zikir dengan lisan ketika di kamar mandi hukumnya makruh karena tidak sepantasnya melafazkan kalimat Allah di tempat yang tidak mulia karena banyaknya najis dan kotoran.

Sementara ketika secara tidak sengaja zikir dengan hati di kamar mandi, menurut para ulama tidak dihukumi makruh dan tidak berdosa.

Sebagai tempat pembuangan kotoran dan najis, kamar mandi bisa dikatakan sebagai tempat yang jauh dari kesucian. Sehingga zikir dengan hati ketika di dalam kamar mandi sama saja dengan orang junub (belum suci).

Imam Nawawi dalam kitabnya berpendapat, "Mereka (para ulama) bersepakat bahwa orang junub jika ia mentadabburi Al-Qur'an dengan hatinya tanpa menggerakkan lisannya, tidaklah terhitung membaca dan melanggar keharaman membaca Al-Qur'an bagi orang junub."

Sementara itu Al-Munzir berkata, "Ikrimah berkata, 'seseorang tidak boleh berzikir kepada Allah saat berada di kamar mandi (toilet) dengan lisannya, tetapi (boleh) dengan hatinya.'

Karena kemuliaan kalimat Allah itu, maka sebaiknya kita menghindari zikir di kamar mandi. Adapun yang seharusnya kita lakukan agar terhindar dari setan yang ada di kamar mandi adalah zikir sebelum memasukinya.

Salah satunya dengan melafazkan doa masuk kamar mandi sebagai berikut:

Allahumma innii a'uudzubika minal hubutsi wal khabaaits

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan.

Dengan demikian, sebaiknya ketika berada di kamar mandi kita dapat mengendalikan diri dari zikir secara lisan dengan spontan. Misalnya ketika mendengar salam dan mendengar azan, cukup dijawab di hati saja.

Wallahu a'lam.

(Dinda)