Breaking News

Pasien Positif Corona Kabur dari RSUP Persahabatan Sejak Minggu Lalu


D'On, Jakarta,- Salah satu pasien positif virus corona yang sempat diisolasi di RSUP Persahabatan melarikan diri. Perempuan tersebut tiba-tiba tak berada di rumah sakit sejak sepekan lalu.

RS Persahabatan merupakan salah satu rumah sakit rujukan yang ditunjuk pemerintah untuk tangani pasien virus Corona.

"Mungkin minggu yang lalu, perempuan, kami mendapatkannya [informasi] dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta, menyatakan positif," kata Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Erlina Burhan saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (13/3).

Menurut Erlina, pasien berdomisili di Jakarta dan kabur saat tengah menjalani perawatan. Namun, ia tidak menyebutkan secara detail bagaimana pasien tersebut kabur serta hubungan pemeriksaan pasien dengan kontak kasus positif covid-19 Indonesia yang lain.

"Diam-diam dia keluar dan keluarganya sudah jemput," terangnya.

Hingga saat ini keberadaannya masih terus dicari dan pihaknya masih belum bisa memastikan rumah sakit lain yang menjadi rujukan kemudian.

"Nanti saya cek apakah keluar dari RSUP Persahabatan tanpa kita ketahui ini apakah dia kemudian dijemput dan dirawat di rumah sakit yang lain," katanya.

Dia mengatakan, RSUP Persahabatan telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan DKI Jakarta untuk melacak pasien covid-19 tersebut. Tim tengah mencari apakah pasien itu berada di puskesmas atau rumah sakit yang dia mau.

Erlina mengimbau agar keluarga mau membujuk pasien tersebut untuk ke RSUP Persahabatan. Dia mengingatkan, jika tidak ditangani dengan benar, covid-19 akan membahayakan pasien itu dan juga masyarakat yang bersinggungan dengannya.

(MP)