Breaking News

Cuaca Terik, Kebakaran Lahan Mulai Melanda Kota Padang

D'On, Padang (Sumbar),- Kebakaran lahan mulai melanda Kota Padang, Sumatera Barat, akibat musim kemarau yang berlangsung dalam kurun waktu sebulan ini.


Kabid Ops Damkar Kota Padang, Sutan Hendra menjelaskan, pihaknya ada mencatat jumlah kebakaran lahan yang ditangani Damkar hingga satu bulan ini mencapai 20 titik,

"Kebakaran lahan itu terjadi karena cuaca yang memang cukup panas dan tidak ada turun hujan selama lebih kurang hampir satu bulan," katanya, Rabu 6 April 2022.

Sutan pun merinci, dari 20 kejadian kebakaran lahan itu, daerah yang paling banyak terjadi kebakaran lahan berada di Kecamatan Koto Tangah dan Kecamatan Lubuk Begalung.

"Namun untuk kondisi kebakaran lahan di Padang ini dapat dikatakan belum dalam kategori parah, karena masih bisa ditangani, serta menyebabkan meluas ke rumah warga," ujarnya.

Ia mengaku sejauh ini pihaknya belum mengetahui penyebab dari kebakaran lahan itu, apakah memang disengaja oleh pemilik lahan, atau memang murni akibat teriknya cuaca di siang hari.

Untuk itu, Damkar menghimbau, agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan dengan sengaja, serta mengurangi aktivitas membakar sampah atau sejenisnya.

"Karena dalam kondisi saat ini, sangat rentan terjadi kebakaran," ujarnya.


(kmp/*)

#KebakaranLahan #Padang #Sumbar