Breaking News

Rampok BJB Fatmawati, Karyawan Bergaji Rp60 Juta Terinspirasi Film

D'On, Jakarta,- Karyawan bank bergaji Rp60 juta sekaligus tersangka pencurian berinisial BS terinspirasi serial berjudul Money Heist dalam melakukan aksi perampokan Bank Jabar-Banten (BJB) Fatmawati, Jakarta Selatan.


"(Judulnya) MH, yang film di TV berbayar yang depannya N, kan ada film perampokan yang judulnya ada money-money-nya itu," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto saat dihubungi, Rabu (6/4).

Budhi menerangkan dari serial itu tersangka terinspirasi untuk membawa segala macam perlengkapan saat melakukan aksi perampokan tersebut.

Setelah ditangkap dan dilakukan penggeledahan terhadap BS, polisi menyita sejumlah barang bukti antara lain airsoft gun, pisau lipat, petasan asap, kabel tis, dan alat kejut.

"Dia terinspirasi dari situ, kan di situ ada perampok yang membawa perlengkapan semua, termasuk kayak granat asapnya segala macam," tutur Budhi.

Sebagai informasi, serial Money Heist, bercerita tentang seorang dengan identitas Profesor yang merekrut sekelompok orang untuk melakukan salah satu perampokan terbesar dalam sejarah. Profesor mengklaim aksi pencurian itu sebuah tindakan perlawanan terhadap sistem.

Serial yang para karakternya menggunakan baju terusan merah dan topeng tokoh gerakan surealis asal Spanyol, Salvador Dali, itu terkenal di dunia, termasuk Indonesia.

Sebelumnya, Budhi mengungkapkan bahwa BS nekat merampok Bank BJB di Fatmawati karena sedang terlilit utang.

Padahal, tersangka BS adalah seorang karyawan di sebuah bank swasta dengan posisi staf HRD dengan penghasilan sebesar Rp60 juta tiap bulannya.

Dalam kasus ini, tersangka BS dijerat pasal berlapis yakni Pasal 365 Jo Pasal 53 KUHP dan UU Darurat dengan ancaman 10 tahun penjara.


(dis/kid)

#Perampokan #Kriminal