Breaking News

Aktifasi KTP Digital, Disdukcapil Datangi Mako Pol PP Padang

D'On, Padang (Sumbar),- Indonesia telah menerapkan KTP berbasis digital, begitu juga dengan pemerintahan Kota (Pemkot) Padang, bentuknya tidak lagi fisik, melainkan akan tersimpan di dalam smartphone melalui aplikasi khusus yang dilengkapi dengan QR Code.


KTP adalah identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, KTP berisi informasi data diri, foto, tanda tangan, juga Nomor Induk Kependudukan (NIK). Bagi yang telah memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-KTP), nantinya harus juga mengakses KTP digital.

Dinas kependudukan Kota Padang, langsung mendatangi Markas Komando Satpol PP Padang, yang beralamat di Jalan Tan Malaka, Padang, Disdukcapil beserta rombongan staf ini disambut langsung di Aula Praja wibawa Kota Padang. Pada Senin (25/7/2022).

Dalam kesempatan tersebut personil Satpol PP langsung mengunduh aplikasi KTP Digital yang dapat di akses di Playstore, kegiatan tersebut juga dipandu langsung oleh staf dari pencatatan sipil.

Terkait kedatangan Dinas Kependudukan ini di Mako Satpol PP, Kasat Pol PP Padang Mursalim, bersama Kepala dinas Kependudukan dan pencatatan sipil Kota Padang, himbau seluruh personil selaku petugas penegak Perda, agar segera melakukan registrasi.

"Kami himbau kepada seluruh Personil Satpol PP Padang agar segera melakukan registrasi KTP Elektronik pada aplikasi Identitas Kependudukan Digital yang dapat di Download di playstore, di masing-masing  smartphone personil," Ajak Mursalim.

Sementara itu, Teddy Antonius Kepala Dinas Pencatatan Sipil Kota Padang, juga menyampaikan bahwa Satpol PP Padang menjadi target utama Disdukcapil dalam program untuk memiliki KTP Digital, karena sebagai contoh bagi masyarakat.

"Target kita adalah Personil  Satpol PP sebagai  sebagai pasukan terdepan Pemko Padang, agar segera memiliki link QR kode dari KTP digital, sehingga memudahkan dalam pelaksanaan tugas, selain itu KTP digital ini juga memudahkan Personil dalam melakukan pendataan bagi warga yang melakukan pelanggar," jelas Tedy.


(tambo)


#Dukcapil #SatpolPP #PemkoPadang #Padang