Breaking News

Ini Daftar Pejabat Sementara Usai Kapolri Non Aktifkan 3 Perwira Terkait Kasus Brigadir J

D'On, Jakarta,- Kasus polisi tembak polisi di rumah Kadiv Propam nonaktif Irjen Ferdy Sambo berbuntut panjang. Sejumlah perwira polisi dinonaktifkan dan diganti dengan pejabat sementara akibat kasus tersebut.


Dirangkum pada Senin (25/7/2022), orang pertama yang dinonaktifkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo adalah Irjen Ferdy Sambo sendiri. Jabatan Kadiv Propam Polri pun diserahkan ke Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono.

"Malam hari ini kita putuskan untuk Irjen Pol Ferdy Sambo untuk sementara jabatannya dinonaktifkan, dan kemudian jabatan tersebut saya serahkan kepada Pak Wakapolri," kata Sigit dalam jumpa pers di kantornya, Senin (18/7/2022) pekan lalu.

Penonaktifan Irjen Sambo dilakukan demi menjaga independensi Polri dalam mengusut tuntas kasus Brigadir J atau Nofriansyah Yoshua Hutabarat yang tewas ditembak Bharada E.

Selang dua hari, dua perwira berikutnya yakni Brigjen Hendra Kurniawan yang dinonaktifkan dari jabatan Karopaminal dan Kombes Budhi Herdi Susianto dari jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan. Lalu siapa pengganti Brigjen Hendra dan Kombes Budi?

Kombes Yandri Irsan Gantikan Kombes Budhi

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran telah menunjuk pengganti Kombes Budhi Herdi Susianto dalam jabatan Kapolres Metro Jakarta Selatan. Kombes Budhi dinonaktifkan terkait kasus Brigadir J.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengatakan Irjen Fadil Imran secara resmi telah menunjuk Pelaksana Tugas (Plt) Kapolres Jaksel. Penunjukan Plt Kapolres Metro Jaksel ini tertuang dalam Sprint Nomor 108/VII/KEP/2022 tertanggal 21 Juli 2022.

"Pada hari ini pukul 14.00 WIB, Bapak Kapolda Metro Jaya telah mengeluarkan surat perintah dengan nomor 108/VII/KEP/2022 tertanggal 21 Juli 2022 tentang pelaksanaan tugas atau Plt Kapolres Metro Jaksel," kata Zulpan kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (21/7).

Adapun Plt Kapolres Metro Jaksel yang ditunjuk adalah Kombes Yandri Irsan, yang saat ini menjabat Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya.

Yandri merupakan lulusan Akpol 1996. Sebelum ditugaskan di Polda Metro Jaya, Yandri pernah menjabat Kapolres Belu pada 2017-2018. Dia kemudian pernah menjadi Wadirkrimsus Polda NTT, Dirreskrimsus Polda Sulawesi Utara (Sulut), hingga akhirnya ditugaskan sebagai Direktur Pam Obvit Polda Metro Jaya.

Yandri Irsan juga pernah diusulkan sebagai salah satu kandidat polisi inovatif Hoegeng Awards 2022. Dia diusulkan sebagai kandidat polisi inovatif karena program Belu Anticipation System (BLAST), rumah baca Merah Putih, serta perpustakaan mini untuk anak-anak selama menjabat Kapolres Belu.

Brigjen Anggoro Gantikan Brigjen Hendra

Jenderal Sigit menetapkan pelaksana harian (plh) Karopaminal Divisi Propam Polri setelah Brigjen Hendra Kurniawan dinonaktifkan terkait kasus penembakan Brigadir J. Plh Karopaminal akan dijabat Brigjen Anggoro Sukartono yang saat ini menjabat sebagai Karowabprof Divisi Propam Polri.

"Penunjukan Karowabprof Divpropam Polri sebagai Pelaksana Harian (Plh) Karopaminal Divpropam Polri," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, Minggu (24/7).

Penunjukan itu sendiri berdasarkan Surat Perintah Kapolri Nomor: Sprin/2149/VII/KEP./2022 tanggal 22 Juli 2022.

Dihimpun dari data Kepolisian, Brigjen Sukartono saat ini menjadi Karowabprof Divpropam Polri. Dari catatan jabatan tersebut telah dia emban sejak 16 November 2020.

Brigjen Sukartono lahir di Jakarta, 24 April 1972. Dia, pernah menjabat sebagai Kapolres Nganjuk di tahun 2012, dan Kapolres Sidoarjo tahun 2014.

Sukartono pun beberapa kali mengisi jabatan di Propam. Pernah menjadi Kabid Propam Polda Riau tahun 2015. Sempat bertugas di BNN RI tahun 2016, Brigjen Sukartono kembali ke Divpropam Polri pada 2018.

Dia, sempat berada di Divpaminal Polri dengan menjabat sebagai Sesropaminal pada tahun 2020. Kemudian, di tahun yang sama dia diangkat menjadi Karowabprof Polri.

(fas)


#polri #polisitembakpolisi #viral