Breaking News

4 Cara Atasi Trust Issue pada Pasangan, Kuncinya Komunikasi


Dirgantaraonline.co.id,-
Akhir-akhir ini, di media sosial berseliweran banyak kasus perselingkuhan dan perceraian pasangan. Bagi kamu yang punya trauma atau terlalu banyak terpapar informasi negatif semacam itu, kamu bisa mengalami trust issue. 

Trust issue adalah krisis kepercayaan, yaitu kondisi ketika seseorang sulit menaruh kepercayaan terhadap orang lain. Kondisi ini bisa disebabkan trauma di masa lalu atau pengalaman buruk lainnya.

Jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi tersebut akan berpengaruh terhadap hubungan yang sedang dijalani. Selain itu, kesehatan mental juga bisa terganggu.

Akibatnya, kamu akan terus diliputi perasaan curiga kepada pasangan tanpa alasan yang jelas. Kamu akan selalu merasa cemas bahkan cemburu walaupun pasanganmu tidak melakukan apa-apa.

Untuk mencegah dampak negatif tersebut, inilah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi trust issue seperti dilansir dari laman Hello Sehat.

1. Komunikasi secara terbuka

Kunci hubungan yang sehat adalah komunikasi yang sehat pula. Untuk percaya kepada pasangan, kamu perlu mengkomunikasikan berbagai kekhawatiran yang menyelimuti pikiranmu agar bisa dicari jalan keluarnya bersama-sama.

2. Beri dia waktu untuk berubah

Jika sebelumnya pasanganmu melakukan hal yang membuatmu sulit percaya lagi dengannya, dan kamu memutuskan untuk memberi kesempatan kedua, maka berilah ia waktu untuk berubah.

Namun, jika ternyata ia tetap tidak bisa berubah dan mengulangi kesalahan yang sama, keputusan ada di tanganmu. Ingatlah untuk tidak membuang waktu dengan orang yang salah.

3. Validasi perasaanmu

Memiliki trust issue bukan berarti kamu adalah orang yang buruk. Kamu harus rangkul dulu perasaan yang sedang kamu alami saat ini. Dengan begitu, kamu bisa berpikir secara rasional.

Kamu juga bisa melakukan journaling atau menulis diary untuk mencurahkan perasaanmu

4. Konsultasikan dengan ahlinya

Jika perasaan trust issue yang kamu alami dirasa sudah berlebihan dan kamu kesulitan untuk mengontrolnya, segera konsultasikan dengan tenaga profesional seperti psikolog. Kamu akan dibantu untuk membedah perasaanmu dan mengatasi krisis kepercayaan yang kamu alami.

Itulah 4 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi trust issue. Jangan lupa untuk batasi penggunaan media sosial agar kamu tidak terpapar berita-berita negatif yang sedang beredar.


(Rini)

#TrustIssue #LifeStyle #GayaHidup