Breaking News

4 Kondisi Wajar Menolak Permintaan Tolong Teman, Tak Perlu Merasa Bersalah!

Pertemanan 

Dirgantaraonline.co.id,-
Sudah sewajarnya hidup berdampingan dengan orang lain mesti saling tolong menolong. Hanya saja, terkadang ada kondisi-kondisi yang membuat seseorang keberatan untuk melakukannya. Namun, karena perasaan gak enak akhirnya tetap dijalani.

Sikap demikian tidak jarang malah jadi bumerang ke diri sendiri. Sebagai contoh, orang yang meminta tolong malah jadi memanfaatkanmu, atau berbagai kerugian lain.

Sebenarnya gak semua permintaan tolong itu harus dituruti, lho. Ada beberapa kondisi wajar menolak permintaan tolong teman, dan mestinya kamu gak perlu merasa bersalah.

1. Kamu dan dia sama-sama sedang kesulitan

Siapa pun kalau mampu pasti ingin menolong temannya. Hanya saja, adakalanya kondisi kamu dan dia sama, yaitu sama-sama lagi sulit. Kalau sudah begini, sebaiknya jangan dipaksakan karena nantinya malah akan menyusahkanmu.

Cobalah tolak dengan halus dan jelaskan situasinya. Kamu bukannya gak berniat membantu, cuma untuk saat ini memang gak bisa menolongnya.

2. Berisiko tinggi akan merugikan diri sendiri

Sebelum mengiyakan untuk membantu seseorang, sekalipun teman dekat ada baiknya pertimbangkan matang-matang dulu. Apakah sekiranya nanti bakal merugikan atau tidak, berisiko atau enggak.

Kalau memang nantinya bisa mengundang risiko, dan bakal merugikan diri sendiri maka sebaiknya ditolak walau sungkan sekalipun.

Misalnya saja, ada teman yang hendak menggunakan data pribadimu untuk kredit barang atau meminjam uang. Hal ini termasuk sangat berisiko karena kalau ternyata dia menunggak bayar maka kamu yang bakal kena tagih.

3. Pernah disakiti olehnya

Hubungan pertemanan memang berliku. Yang dulunya dekat bisa jadi sekarang merenggang. Jika memang dia pernah melakukan hal yang bikin kamu sangat sakit hati, dan jujur masih sulit untuk melupakan dan memaafkan, maka sah-sah saja sebenarnya kamu menolak permintaan tolongnya. Daripada mengiyakan tapi ujung-ujungnya ngedumel sendirian.

4. Kebiasaan

Gak semua orang bisa sadar untuk menahan diri dari meminta bantuan orang lain. Ada saja tipe teman yang justru memanfaatkan kebaikan orang lain. Ini pun bisa jadi alasan untuk tidak sungkan menolak permintaan tolongnya.

Kalau kamu merasa dia meminta tolong orang lain sudah jadi kebiasaan dan membuatnya gak mandiri, sebaiknya tolak saja. Apalagi jika kamu sendiri sedang sibuk atau bukan dalam kondisi lapang.

Menolong orang lain merupakan perbuatan baik yang seyogianya dilakukan siapa pun. Hanya saja, kamu gak perlu ragu untuk menolak bila bertemu dengan kondisi-kondisi seperti yang telah diuraikan tadi, ya


(Rini)


#Pertemanan #Global #Serbaserbi #tips