Breaking News

5 Alasan Orang Sering Overthinking dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi Overthinking

Dirgantaraonline.co.id,-
Overthinking yang seringkali diartikan dengan berpikir berlebihan merupakan keadaan di mana seseorang terjebak dalam lingkaran pemikiran yang berulang-ulang dan terus-menerus. Biasanya ada sederet alasan orang sering overthinking, mulai dari terpicu masalah tertentu atau memang karakter pribadi yang mempengaruhi.

Sayangnya, kondisi ini bisa menyebabkan stres, kecemasan, dan ketidakmampuan untuk mengambil keputusan dengan tepat jika dibiarkan tanpa penanganan. 

Kenali alasan orang sering overthinking agar dapat mengetahui cara mengatasinya

Bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, berikut lima alasan orang sering overthinking serta beberapa cara untuk mengatasinya. 

1. Kecenderungan perfeksionisme

Kenapa orang bisa overthingking? Boleh jadi salah satu alasannya karena memiliki kecenderungan perfeksionisme yang tinggi. Seorang perfeksionis akan memperhatikan detail hingga sering berpikir berlebihan atas kesalahan yang mungkin dilakukan. Bahkan mereka sering merasa tidak puas dengan hasil kerja sendiri dan terus-menerus berpikir tentang cara untuk memperbaikinya.

Untuk mengatasi hal ini, penting bagi seseorang dengan kecenderungan perfeksionis untuk memahami bahwa kesalahan adalah bagian alami dari proses belajar dan pertumbuhan. Oleh karena itu, cobalah untuk berpikir lebih realistis dengan menanamkan mindset bahwa tidak perlu menjadi sempurna dalam segala hal dan cukup lakukan yang terbaik semampunya. 

2. Ketakutan akan penilaian orang lain

Alasan kenapa selalu overthinking terkadang juga tidak jauh dari perasaan cemas tentang apa yang orang lain pikirkan. Mereka terus terjebak dalam pikiran negatif yang mempertanyakan kemampuan diri sendiri dan mencemaskan bagaimana baiknya terlihat di mata orang lain hingga jadi makin overthinking

Cobalah untuk mengingatkan diri sendiri bahwa setiap orang memiliki pendapatnya masing-masing dan tidak mungkin memenuhi semua ekspektasi tersebut. Ingatlah juga bahwa hal terpenting adalah merasa puas dengan diri sendiri dan terus berusaha melakukan yang terbaik dalam segala hal.

3. Takut akan mengalami kegagalan

Rasa takut gagal juga menjadi alasan mengapa orang sering overthinking. Mereka seolah terjebak dalam pikiran negatif tentang kemungkinan gagal dan konsekuensinya. Ketakutan andai mengalami kegagalan ini bisa menjadi penghambat dalam mengambil keputusan dan menghadapi risiko yang diperlukan untuk mencapai tujuan. 

Oleh karena itu, penting untuk memahami bahwa kegagalan adalah bagian normal dari proses dan perkembangan dalam hidup. Cobalah lihat kegagalan sebagai peluang untuk belajar dan tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik agar dapat membantu mengurangi rasa takut yang ada. 

4. Kegagalan dalam mengendalikan pikiran

Beberapa orang mungkin sering terperangkap dalam overthinking karena mengalami kesulitan dalam mengendalikan pikiran mereka. Pikiran-pikiran yang berlebihan dan negatif ini terus-menerus muncul tanpa dapat mereka kendalikan. Hal ini terjadi akibat keadaan minimnya produktivitas hingga sulit untuk mengalihkan perhatian pada hal-hal yang lebih positif atau bermanfaat.

Cobalah mengatasinya dengan melatih ketenangan mental, seperti meditasi atau yoga agar dapat membantu pikiran untuk tetap fokus dan mengurangi overthinking. Dengan menerapkan latihan mindfulness semacam ini, orang akan bisa belajar untuk melepaskan pikiran berlebihan dan menikmati setiap momen dengan lebih baik.

5. Ketidakpastian dan kekhawatiran akan masa depan

Ketidakpastian tentang masa depan dan kekhawatiran akan apa yang mungkin terjadi juga bisa menjadi pemicu alasan orang kenapa selalu overthinking. Banyak orang merasa cemas tentang apa yang akan terjadi di masa depan, baik itu dalam karier, hubungan, atau kehidupan secara umum. Pada akhirnya, pikiran tersebut hanya menghasilkan kekhawatiran. 

Kondisi ini bisa diatasi dengan meredam pikiran tentang kemungkinan yang belum terjadi di masa depan. Fokuskan pikiran pada masa sekarang dan lakukan upaya terbaik demi meraih masa depan yang diinginkan. Namun, jika meleset, tenangkan diri dan anggap sebagai pengalaman baru agar melewati 'rute' lain untuk mencapai tujuan. 

Itulah tadi kelima alasan orang sering overthinking yang kerap menjadi masalah umum bagi siapa saja dan cara mengatasinya. Meski bukan tidak mungkin diatasi, tapi penting untuk mengenali pola pikir negatif yang memicu overthinking lebih dulu demi menerapkan strategi yang tepat. Apa kamu juga masih sering merasa overthinking


(Rini)

#Overthinking #Serbaserbi #LifeStyle