Breaking News

5 Amalan Sunnah Hari Jumat dan Keutamaannya


Dirgantaraonline.co.id,-
Setiap bulan, umat Islam akan menjumpai lima kali hari jum'at. Dianjurkan pada setiap hari Jum'at untuk melaksanakan amalan sunnah hari Jum'at yang tidak hanya dapat meningkatkan pahala tapi juga melancaran rezeki. Apa saja amalan sunnah hari Jum'at ini? 

Ada beberapa jenis amalan Sunnah hari Jumat yang dianjurkan oleh para ulama. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Amalan Sunnah hari Jum'at pertama

Pada minggu pertama setiap bulannya, kita akan menjumpai hari Jum'at. Pada hari Jum'at pertama setiap bulan ini dianjurkan untuk melaksanakan amalan sunnah berupa memotong kuku dan rambut-rambut di badan. Hal itu dijelaskan oleh Imam Nawawi Rahimahullah, sebagai berikut:
 “Imam Syafii dan para ulama mazhab Syafiiyah rahimahumullah menegaskan dianjurkannya memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari jumat.”

2. Amalan Sunnah hari Jum'at kedua

Pada minggu kedua setiap bulannya, kita akan menjumpai hari Jum'at lagi. Di hari Jum'at kedua, kita dianjurkan untuk melaksanakan amalan sunnah membaca surat Al-Kahfi. Hal ini disampaikan dalam riwayat Abu Said al Khudri Radhiyallahu anhu, Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam bersabda:

“Barang siapa yang membaca Surah Al Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Kakbah.”

3.  Amalan Sunnah hari Jum'at ketiga

Pada hari Jum'at ketiga, dianjurkan untuk melaksanakan amalan sunnah Shalat Dhuha. Lafal niat shalat Idul Adha sebagai berikut:
Ushallî rak‘ataini sunnata-li ‘îdil adl-hâ (ma’mûman/imâman) lillâhi ta‘âlâ.

Artinya: “Aku niat melaksanakan shalat sunnah Idul Adha (sebagai makmum/imam) karena Allah Ta‘âlâ.”

4. Amalan Sunnah hari Jum'at keempat

Dalam minggu keempat, pada hari Jum'at dianjurkan untuk melaksanakan amalan sunnah memperbanyak bacaan shalawat nabi. Kita bisa melafalkan doa sebagai berikut: 

"Allahumma shalli alaa Muhammadinin 'abdika wa rosulika nabiyyil ummi wa'alaa aalihii wa sallim."

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, hambaMu, nabiMu, dan utusanmu yang ummi serta limpahkan pada keluarganya dan sahabatnya, juga limpahkan salam atas mereka."

5. Amalan Sunnah hari Jum'at kelima 

Pada hari Jum'at terakhir tiap bulannya, dianjurkan untuk mandi besar, memakai minyak wangi, dan memakai pakaian terbaik. Hal ini tercatat dalam hadis Abu Sa’id Al Khudri, Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam berkata:

“Mandi pada hari Jumat adalah wajib bagi setiap orang yang baligh.” (HR Bukhari dan Muslim).

Anjuran minyak wangi dan memakai pakaian terbaik juga sebaiknya dilaksanakan setiap kali akan berangkat shalat Jum'at di setiap hari Jum'at.

Demikian itu lima amalan sunnah hari Jum'at untuk dilaksanakan oleh setiap muslim. Semoga bermanfaat.


(Mutaya Saroh/Rini)

#SunnahHariJumat #Sunnah #Islam #Religi