Breaking News

7 Cara Mengatasi Insomnia Tanpa Obat supaya Tidak Makin Parah


Dirgantaraonline.co.id,-
Insomnia tentu menyebabkan banyak masalah kesehatan. Supaya terhindar dari masalah kesehatan akibat insomnia, simak tujuh cara mengatasi insomnia tanpa obat di bawah ini.

Insomnia adalah kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan tidur atau sulit mempertahankan tidur yang baik. Orang dengan insomnia sering mengalami kesulitan dalam memulai tidur, terbangun di tengah malam, atau tidur dengan kualitas yang buruk yang tidak memberikan istirahat yang memadai. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan kualitas hidup seseorang.

Penyebab insomnia apa saja? Penyebab insomnia bervariasi, di antaranya stres, cemas, depresi, kondisi medis seperti nyeri kronis atau gangguan pernapasan, penggunaan obat-obatan tertentu, dan masih banyak lagi. Orang dengan insomnia cenderung mengalami kelelahan fisik dan mental, kesulitan berkonsentrasi, gangguan mood seperti iritabilitas atau kecemasan, penurunan kinerja dan produktivitas, serta masalah kesehatan jangka panjang seperti obesitas, penyakit jantung, dan gangguan mental.

Oleh sebab itu, masalah gangguan tidur ini tidak boleh diabaikan. Ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mengatasi insomnia. Di bawah ini merupakan tujuh cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba sendiri di rumah.

1. Jaga Rutinitas Tidur Teratur
Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk saat akhir pekan. Hal ini dapat membantu mengatur jam biologis tubuh sehingga seiring waktu, ketika sudah masuk jam tidur, tubuh secara otomatis akan mengantuk yang menandakan memang sudah masuk jam untuk tidur.

2. Ciptakan Lingkungan yang Nyaman
Pastikan ruangan tidur tenang, gelap, dan sejuk. Gunakan tirai tebal atau penutup mata jika diperlukan. Juga, pastikan kasur dan bantal nyaman. Meski kelihatannya sepele, tetapi semua itu bisa membantu menciptakan tidur yang berkualitas

3. Batasi Aktivitas di Tempat Tidur
Gunakan tempat tidur hanya untuk tidur dan berhubungan intim. Hindari menggunakan tempat tidur untuk bekerja, menonton TV, atau menggunakan gadget. Hal ini membantu pikiran mengasosiasikan tempat tidur dengan tidur yang nyenyak.

4. Hindari Stimulan
Hindari minuman berkafein seperti kopi, teh, atau minuman energi beberapa jam sebelum tidur. Juga, hindari merokok dan minuman beralkohol karena dapat mengganggu pola tidur.

5. Jangan Tidur Siang Terlalu Lama
Jika kamu memiliki masalah tidur di malam hari, maka hindari tidur siang terlalu lama atau terlalu dekat dengan waktu tidur malam. Batasi tidur siang sekitar 20-30 menit untuk menghindari jadwal pola tidur pada malam hari.

6. Kelola Stres
Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan mengelola stres. Praktikkan teknik relaksasi seperti meditasi, pernapasan dalam, atau yoga untuk membantu mengurangi stres dan kecemasan yang dapat mempengaruhi tidur.

7. Jangan Lihat Jam Saat Sulit Tidur
Cara mengatasi insomnia yang terakhir adalah dengan tidak melihat jam ketika sulit tidur. Pasalnya terus memperhatikan waktu dapat meningkatkan kecemasan dan frustasi. Jika sulit tidur, alih-alih melihat jam sebaiknya fokus pada teknik relaksasi atau kegiatan yang menenangkan.

Demikian tujuh cara mengatasi insomnia yang bisa dicoba. Jika langkah-langkah di atas tidak efektif dan masalah tidur masih berlanjut, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Mereka bisa mengevaluasi kondisi secara menyeluruh dan memberikan penanganan yang tepat, termasuk terapi perilaku kognitif atau pengobatan tertentu jika diperlukan.



(Rini)

#Kesehatan #Insomnia #tips