Breaking News

9 Ciri-Ciri Hewan Kurban yang Sehat, Sudah Pasti Sah untuk Disembelih

Ilustrasi hewan kurban

Dirgantaraonline.co.id,-
Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1444 H yang diperkirakan jatuh pada akhir bulan Juni ini, umat Islam umumnya akan mempersiapkan hewan untuk kurban. Seperti yang diketahui, hewan yang digunakan kurban harus sehat. Oleh karena itu, penting bagi umat muslim khususnya mereka yang hendak berkurban untuk mengetahui ciri-ciri hewan kurban yang sehat. 

Kurban sendiri merupakan salah satu ibadah sunnah muakkad yang dianjurkan dalam agama Islam terutama bagi mereka yang mampu untuk berkurban. Nabi Muhammad SAW di dalam hadits juga sudah mengingatkan umatnya tentang perintah berkurban ini. Berikut bunyi haditsnya: 

"Dari Abu Hurairah, "Rasulullah SAW telah bersabda, barangsiapa yang mempunyai kemampuan, tetapi ia tidak berkurban maka janganlah ia mendekati (menghampiri) tempat shalat kami," (HR Ahmad dan Ibnu Majah).

Proses penyembelihan hewan kurban hanya dapat dilaksanakan di tiga tanggal tertentu. Adapun tanggal yang dimaksud yaitu 10, dan tiga hari tasyrik 11, 12, 13 Zulhijjah. 

Hewan yang bisa dikurbankan umumnya adalah sapi, kerbau, kambing, unta atau domba. Akan tetapi, tidak semua hewan tersebut bisa disembelih. Hewan kurban disyaratkan harus sehat, tidak cacat dan mencapai umur tertentu. Hal ini bertujuan agar daging hewan yang akan didistribusikan terjamin kehalalannya, sehat dan aman dari segala wabah penyakit. 

Terdapat beberapa syarat untuk hewan yang dapat dijadikan kurban, diantaranya. 

1. Harus hewan ternak seperti kerbau, unta, sapi, kambing atau domba. 

2. Sudah mencapai usia minimal yang telah ditetapkan oleh syariat. Unta minimal harus berumur 5 tahun. Sapi minimal berumur 2 tahun. Domba berusia 1 tahun atau 6 bulan apabila kesulitan dalam mendapatkan domba umur 1 tahun. Kambing minimal berumur 1 tahun. 

3. Sehat, tidak cacat dan tidak berpenyakit. 

Ciri-ciri Hewan Kurban yang Sehat 

Menjelang Hari Raya Idul Adha, belakangan masyarakat dihebohkan dengan munculnya wabah penyakit pada hewan ternak khususnya sapi. Maka, umat Islam harus memperhatikan hewan yang hendak di sembelih. Jangan sampai membeli hewan yang berpenyakit. 

Hewan yang sehat adalah hewan yang layak untuk dikurbankan. Oleh karena itu, kita harus mengetahui terlebih dahulu terkait ciri-ciri hewan yang sehat. Berikut ini ciri-cirinya: 

1. Hewan sudah pasti lincah dan aktif 

2. Alat kelaminnya lengkap (tidak sedabg dikebiri) dan simetris (jantan memiliki buah zakar dengan posisi yang menurun). 

3. Mempunyai nafsu makan yang baik sehingga berat badannya pasti pas. 

4. Mampu berdiri dengab bertumpu pada empat kaki, yang artinya hewan tersebut tidak pincang salah satu atau lebih kakinya. 

5. Mempunyai cermin hidung yang basah dan lembap dengan suhu tubuh sekitar 39 sampai 40 derajat Celcius. 

6. Memiliki bulu tubuh yang tidak kusam, yang artinya bersih.

7. Mempunyai sorot mata yang bersinar, yang artinya tidak buta salah satu atau keduanya. 

8. Memiliki lubang hidung, mulut, dan juga anus yang bersih, bebas dari keluarnya noda maupun kotoran apapun yang bisa mengindikasikannya terhadap suatu penyakit yang parah. 

9. Hewan kurban lebih baik jika sudah dilengkapi dengan Surat Keterangan Kesehatan Hewan. 

Nah itu tadi ciri-ciri hewan kurban yang sehat. Pastikan jika Anda membeli hewan di tempat yang sudah pasti aman dan terpercaya, agar hewan kurban Anda terjamin kesehatannya. Semoga bermnafaat!


(Rini)

#HewanKurban #IdulAdha