Breaking News

Kenali Apa Itu Frostbite dan 4 Cara Mengatasinya

Ilustrasi kedinginan 

Dirgantaraonline.co.id,-
Sebagai orang yang hidup di negara tropis, mungkin kata frostbite tidak terlalu awam di telinga atau mata Anda. Namun demikian ketika Anda berkunjung ke negara dengan suhu udara yang lebih dingin, tentu Anda perlu tahu hal ini. Coba pahami apa itu frostbite dalam artikel singkat berikut.

Frostbite sendiri adalah suatu kondisi yang sebenarnya harus diwaspadai, karena dapat membuat bagian tubuh yang seseorang miliki harus dihilangkan atau diamputasi. Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya kondisi ini.

Pertama, Mari Kenali Apa Itu Frostbite

Yang dimaksud dengan kondisi frostbite adalah ketika kulit dan jaringan di bawahnya rusak atau mati, diakibatkan oleh paparan suhu yang sangat dingin. Suhu yang dimaksud ini bisa berasal dari cuaca, udara, hingga kontak fisik secara langsung pada benda-benda dengan suhu luar biasa rendah.

Kondisi ini sebenarnya cukup banyak dialami orang-orang yang berada di area dengan suhu dingin. Misalnya saja, pendaki gunung di area gunung bersalju, atau orang yang hidup di iklim dingin seperti misalnya Eropa.

Sering kali terjadi di area tangan, jari, kaki, telinga, hidung, atau dagu, maka tak heran Anda sering melihat pendaki gunung bersalju mengenakan pakaian yang sangat rapat dan hangat untuk bagian-bagian tersebut.

Apa Pemicunya?

Ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya frostbite, seperti yang sudah diungkapkan pada bagian awal tadi. Lebih lengkap, berikut penyebab terjadinya kondisi tersebut.

-Berada di daerah bersuhu dingin dan berangin yang terlalu lama.

-Menggunakan pakaian yang kurang tebal, sehingga tidak dapat menahan suhu dingin ketika berada di daerah bersuhu sangat rendah.

-Kondisi tubuh yang lemah, dikombinasikan dengan rasa lelah, lapar, dan dehidrasi

-Memiliki kondisi medis tertentu

-Kebiasaan merokok, konsumsi alkohol berlebihan, atau konsumsi NAPZA

-Mengkonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya penghambat beta.

Empat Cara Mengatasi Frostbite

Dilansir dari berbagai sumber, sedikitnya ada empat cara yang bisa digunakan untuk mengatasi kondisi ni.

Menjauhi sumber dingin secepatnya untuk mengurangi keparahan frostbite yang terjadi, Anda bisa selipkan tangan di ketiak atau menutup wajah dengan kain kering sehingga kerusakan yang terjadi tidak semakin parah

Menghangatkan area kulit yang terkena kondisi ini. Ganti pakaian dengan pakaian kering dan hangat, kemudian gunakan selimut. Jika diperlukan rendam area kulit yang membeku di dalam air hangat dengan suhu 40 derajat Celcius selama 15 hingga 30 menit

Menggunakan obat, hal ini diperlukan jika frostbite yang dialami susah pada tingkat 2 atau 3. kunjungi dokter dan dokter akan memberikan tindakan cepat untuk mengatasi hal ini dengan kombinasi obat.

Prosedur operasi, adalah langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika frostbite yang dialami sudah menyebabkan kematian jaringan tubuh. Jaringan yang terkena kondisi ini sudah rusak permanen dan perlu dibuang sesegera mungkin.

Itu tadi sekilas mengenaiapa itu frostbite semoga menjadi informasi yang berguna.


(Rini)


#Frostbite #Kesehatan #global #Dingin #Suhudingin