Breaking News

Pesawat SAM Air Ditemukan Hancur dan Terbakar di Hutan Yalimo Papua Pegunungan

Pesawat SAM Air terbakar di hutan Yalimo

D'On, Yalimo (Papua),- 
Pesawat SAM Air yang hilang kontak akhirnya ditemukan dalam kondisi hancur dan terbakar di hutan Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6) sore. Namun nasib pilot dan kopilot bersama empat penumpangnya belum diketahui.

Penemuan pesawat itu disampaikan pihak SAM Air. Pesawat yang hilang kontak dalam penerbangan dari Distrik Elelim menuju Distrik Poik itu ditemukan helikopter tim SAR yang dikerahkan untuk melakukan pencarian. Kondisinya hancur dan masih berasap.

"Setelah temukan lokasi jatuhnya pesawat oleh tim SAR, langsung diidentifikasi, namun tidak bisa langsung dievakuasi lantaran kondisi cuaca yang berkabut, maka tidak bisa dilihat secara detil hingga evakuasi akan dilanjutkan besok," kata Direktur SAM Air Wisnu, Jumat (23/6) petang.

Terkait nasib Pilot Capten Heri Permadi dan Kopilot Levi Telenggen serta 4 penumpang, Wisnu mengatakan pihaknya berharap pada keajaiban. "Jika dilihat dari video yang beredar, kami hanya menunggu keajaiban saja," ungkapnya.

Wisnu memastikan pesawat nahas itu dalam kondisi status layak terbang. "Kondisi pesawat layak terbang, kalau penyebab jatuhnya pesawat, kami akan dilakukan investigasi dulu untuk mengetahui penyebab, tetapi kemungkinan besar adalah faktor cuaca," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat milik maskapai PT Semuwa Aviasi Mandiri (SAM Air) jenis Grand Caravan C208B hilang kontak saat terbang dari Distrik Elelim menuju Distrik Poik di Kabupaten Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6). Pesawat dilaporkan berangkat dari lapangan terbang di Distrik Elelim sekitar pukul 10.53 WIT menuju lapangan terbang Distrik Poik. Pesawat awalnya dijadwalkan tiba pukul 11.06 WIT.

Laporan posisi pesawat melalui satelite tracking terakhir diketahui berada pada koordinat 03 52 43,67S 139 27 16.07E dengan ketinggian 6956 FT. Pesawat itu dinyatakan hilang kontak tujuh menit setelah lepas landas.


(mdk/yan)

#Peristiwa #PesawatJatuh #pesawatSAMAir #Papua