Breaking News

Singgung Perjuangan Marhaen, Megawati Minta Jangan Kaitkan dengan Komunis


D'On, Jakarta,-
Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri mengangkat sosok Marhaen dalam pidatonya di puncak peringatan Bulan Bung Karno (BBK) 2023 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (24/6/2023).

Dalam pidato tersebut, Megawati meminta agar sosok Marhaen yang merupakan seorang petani dari Jawa Barat itu tidak dikaitkan dengan ideologi komunisme.

"Ketika Bung Karno sedang kuliah di Bandung, beliau bertemu dengan Pak Marhaen. Beliau (Bung Karno, Red) bertanya begini; 'Bapak seorang petani, tanah ini punya siapa, punya abdi (saya). Kalau tanaman padi ini punya siapa, punya abdi. Alat- alat cangkulnya dan sebagainya punya siapa, punya abdi. Kalau sudah dipanen, dijual, uangnya untuk siapa. Uangnya untuk abdi," kata Megawati mengenang percakapan Bung Karno dengan Marhaen.

Dari percakapan itu, Bung Karno pun berkontemplasi panjang, kemudian mengambil contoh bagaimana Marhaen yang telah memiliki lahan dan alat produksi, namun hidupnya tetap sederhana.

"Maka Bung Karno merasa bahwa perjuangan ini harus seperti apa yang dimiliki Pak Marhaen," ujar Megawati disambut gemuruh tepuk tangan ribuan peserta.

Ia pun mengingatkan seluruh simpatisan dan pengurus yang hadir agar tidak mengaitkan semangat perjuangan Marhaen dengan ideologi komunis.

"Sering kali orang memplesetkan katanya kalau Marhaen itu adalah komunis. Jadi saya sudah pernah loh ada yang ndak percaya itu ada makamnya. Di daerah Bandung. Jadi jangan dikatakan kalau saya bilang Marhaen, lalu (dituduh Marhaen itu, Red) komunis," tegas Megawati.


(B1)

#Marhaen #Komunis #MegawatiSoekarnoputri #BulanBungKarno