Breaking News

Tata Cara Sholat Jenazah Lengkap dari Niat hingga Salam


Dirgantaraonline.co.id,-
Setiap orang yang meninggal dunia wajib hukumnya untuk mensholatkannya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tata caranya. Nah untuk lebih jelasnya, simak berikut ini tata cara sholat jenazah lengkap dengan bacaan niat dan doanya.

Sebelum mengetahui tata cara, bacaan niat dan doanya, mari simak dulu syarat sah sholat jenazah. Adapun syarat sholat jenazah yaitu bersih dari hadas, najis, dan menutup aurat. Selain itu, jenazah wajib disholatkan usai dimandikan serta dikafani.

Nah sebelum melaksanakan sholat jenazah, wajib bagi para jamaah sholat untuk membaca niatnya terlebih dulu. Adapun bacaan sholat jenazah bagi laki-laki maupun perempuan yaitu sebagai berikut.

Bacaan Niat Sholat Jenazah

Bacaan Niat Sholat Jenazah laki-laki

Usholli 'alaa haadzal mayyiti arba'a takbirootin fardhol kifaayati makmuuman lillahi ta'aalaa.

Artinya: "Saya niat sholat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Taala."

Bacaan Niat Sholat Jenazah Perempuan

Usholli 'alaa haadzihil mayyitati arba'a takbiratatin fardhol kifayaatai ma'muuman lillahi ta'aala.

Artinya: "Saya niat sholat atas mayat ini empat kali takbir fardhu kifayah, sebagai makmum karena Allah Taala."

Tata cara Sholat Jenazah

Setelah mengetahui bacaan niatnya, simak berikut ini tata cara dan bacaan doanya.

-  Membaca niat sholat jenazah (laki-laki/perempuan)

- Takbir dan baca Al-Fatihah

- Takbir kedua, lalu dilanjutkan baca sholawat Nabi 

Allahumma sholli 'ala Muhammad wa 'ala ali Muhammad

Artinya: "Ya Allah, berikanlah rahmat-Mu kepada junjungan kami Nabi Muhammad dan keluarga Nabi Muhammad."

Lalu dilanjutkan dengan bacaan sholawat berikut ini:

Allahumma shalli 'ala sayyidinaa muhammad wa'ala aali sayyidinaa muhammad, kamaa shallayta 'alaa sayyidinaa ibraahiim wa'alaa aali sayyidinaa ibraahiim wa baarik 'alaa sayyidinaa muhammad wa'alaa aali sayyidinaa muhammad kamaa baarakta 'alaa sayyidinaa ibraahiim wa 'alaa aali sayyidina ibraahiim fil 'aalamiina innaka khamiidum majiid.

Artinya: "Ya Allah berilah (tambahkanlah) sholawat (sanjungan) kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi sholawat kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim."

"Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia. Ya Allah, berilah (tambahkanlah) berkah kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah memberi berkah kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji (lagi) Maha Mulia."

-  Mendoakan jenazah pada takbir ketiga

Pada ketiga, jamaah membacakan doa jenazah baik untuk jenazah laki-laki maupun jenazah perempuan. Adapun untuk bacaan doa jenazah laki-laki yakni sebagai berikut.

Allahummagfir lahu warhamhu wa 'afihi wa 'fu'anhu wakrim nuzulahu wa wasi' madkholahu wagsilhu bilma'i watsalju wal bardi wa naqqihi minadzunubi walkhotoyaya kama yunaqqi atssaubulabyadhu binaddanasi wa abdilhu daaron khoiron min daarihi, wahlan khoyron min ahliho, wa zaujan khoyron min zaujihi waqihi fitnatalqobri wa 'adzabi nnar. 

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayat) dengan air, salju, dan embun.

Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga istri yang lebih baik dari isterinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka."

Sedangkan bacaan doa untuk jenazah perempuan yaitu sebagai berikut.

Allohummaghfirlahaa warhamhaa wa'aafihaa wa'fu 'anhaa wa akrim nuzulahaa wawassi' mudkholahaa waghsilhaa bil maa-i wats tsalji wal barod. Wa naqqihaa minal khothooyaa kamaa naqqoitats tsaubal abyadho minad danas. Wa abdilhaa daaron khoiron min daarihaa wa ahlan khoiron min ahlihaa wa zaujan khoiron min zaujihaa wa adkhilhal jannata wa a'idzhaa min 'adzaabin qobri au min 'adzaabin naar.

Artinya: "Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah dia. Selamatkan dan maafkanlah dia. Berilah kehormatan terhadapnya, luaskanlah tempat kuburnya. Mandikanlah dia (mayat) dengan air, salju, dan embun.

Bersihkanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan baju putih dari kotoran. Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, juga istri yang lebih baik dari istrinya. Dan peliharalah (lindungilah) ia dari azab kubur dan neraka."

- Baca takbir keempat

Pada takbir keempat, jamaah sholat juga dianjurkan untuk membaca doa jenazah baik untuk jenazah pria maupun jenazah perempuan. Adapun untuk jenazah pria yakni sebagai berikut.

Allahumma tarimna Ajrohu walataftinna bakdahu

Artinya: "Ya Allah, janganlah jadikan pahalanya tidak sampai kepada kami (janganlah Engkau meluputkan kami akan pahalanya), dan janganlah Engkau memberi kami fitnah sepeninggalnya, dan ampunilah kami dan dia."

Sedangkan bacaan doa untuk jenazah perempuan pada takbir keempat yaitu seperti berikut ini.

Allahumma la tahrimna uhroha waltaftina bakdahu

-  Mengucapkan salam

Selesai melaksanakan sholat jenazah, jamaah mengucap salam dengan menoleh ke arah kanan dan kiri.

Penting untuk diketahui bahwa posisi salam pada sholat jenazah ini berbeda dengan posisi shalat dalam sholat fardu, sebab salam sholat jenazah ini dilakukan sambil berdiri.

Demikian ulasan mengenai tata cara sholat jenazah lengkap dengan bacaan niat dan doanya yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!


(Rini)

#Tatacarasholatjenazah #sholatjenazah #religi