Breaking News

5 Amalan Sunnah Hari Jumat Menurut Anjuran Rasulullah SAW


Dirgantaraonline.co.id,-
Hari Jumat memiliki keistimewaan bagi umat Muslim. Pada hari ini, umat Islam dianjurkan untuk melakukan beberapa amalan yang memiliki banyak keutamaan.

Al-Imam al-Syafi'i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan sebuah hadits dari Sa'ad bin Ubadah tentang keutamaan hari Jumat, bahwa hari Jumat di sisi Allah lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Idul Fitri.

Berikut adalah beberapa amalan hari Jumat yang dapat dilakukan oleh umat Islam beserta keutamaannya.

1. Memperbanyak shalawat nabi

Amalan pertama yang memiliki keutamaan adalah memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui shalawat, umat Islam dapat mendekatkan diri kepada Rasulullah. Sebagaimana sabda Rasulullah yang diriwayatkan oleh Abu Umamah,

"Perbanyaklah shalawat kepadaku pada setiap Jum’at. Karena shalawat umatku akan diperlihatkan padaku pada setiap Jum’at. Barangsiapa yang banyak bershalawat kepadaku, dialah yang paling dekat denganku pada hari kiamat nanti." (HR. Baihaqi).

2. Membaca Surat Al Kahfi

Selain memperbanyak shalawat, umat Islam juga dianjurkan untuk membaca Surat Al-Kahfi. Membaca surat ini dapat memberikan ketenangan kepada pembacanya hingga satu minggu ke depan. Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka ia akan disinari oleh cahaya antara dua Jumat."

3. Sholat Jumat

Sholat Jumat dilaksanakan pada waktu dzuhur di hari Jumat. Sholat Jumat diibaratkan sebagai prosesi haji bagi mereka yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji. Imam al-Qadla'i dan Ibnu Asakir dari Ibnu Abbas menyatakan bahwa Rasulullah bersabda, "Sholat Jumat merupakan hajinya orang-orang fakir." Artinya, pergi menuju sholat Jumat sama seperti pergi menuju tempat haji dalam hal mendapatkan pahala, meskipun tingkat pahalanya berbeda.

4. Bersedekah

Setelah sholat Jumat, umat Islam dianjurkan untuk bersedekah. Sedekah dapat berupa uang, makanan, atau hal lainnya. Dengan bersedekah, Allah SWT akan melipatgandakan rezeki yang diberikan

5. Memperbanyak Doa

Amalan yang sangat dianjurkan di hari Jumat adalah berdoa dan bermunajat sungguh-sungguh kepada Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda bahwa tidak ada doa yang tidak dikabulkan pada hari Jumat.

“Di dalamnya terdapat satu waktu yang tidaklah seorang hamba yang muslim tepat pada saat itu berdiri shalat meminta sesuatu kepada Allah, melainkan Allah pasti memberikan kepadanya.” Beliau pun mengisyaratkan dengan tangannya untuk menggambarkan sedikitnya (sebentarnya) waktu tersebut.” (HR. Bukhari, no. 935 dan Muslim, no. 852)

Demikianlah beberapa amalan yang dianjurkan bagi umat Muslim pada hari Jumat. Amalan-amalan ini memiliki keutamaan yang besar ketika dilaksanakan. Semoga bermanfaat bagi kita semua.


(Rini)

#AmalanHariJumat #Sunnah #Religi #Global