Breaking News

5 Kondisi Terkini Daerah yang Terkena Banjir di Sumatera Barat

Ilustrasi banjir 

D'On, Padang (Sumbar),- 
Curah hujan tinggi yang terjadi sejak Kamis malam, 13 Juli 2023 menyebabkan beberapa daerah di Sumatera Barat terkena banjir. Kekinian, seperti apa daerah yang terkena Banjir di Sumatera Barat?

Bukan hanya itu saja, hujan lebat tersebut bahkan juga menyebabkan sejumlah longsor sehingga akses jalan tertutup. Berikut update info seputar daerah yang terkena Banjir di Sumatera Barat.

1. Daerah yang terkena banjir di Sumatera Barat

Kota Padang merupakan salah satu daerah yang terkena dampak paling serius karena banjir yang ada.

Selain itu, ada pula Kepulauan Mentawai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kabupaten Kota Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, dan beberapa wilayah di Sumatera Barat lainnya.

2. Pengungsi

Di Padang Pariaman sudah ada lebih dari 1.000 masyarakat yang diungsikan. Pemerintah bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga masih terus berusaha menyalurkan bantuan, khususnya makanan ke warga yang masih memilih bertahan di rumahnya.

3. Tanah Longsor

Bukan hanya banjir, beberapa wilayah di Pesisir Selatan juga terkena tanah longsor sehingga akses ke lokasi bencana semakin sulit untuk dicapai.

4. Korban Meninggal Dunia

Sampai saat ini (17/07), BPBD Sumbar telah melaporkan lima orang meninggal dunia. Dua korban dari kota Padang, dua lainnya dari Kabupaten Agam, dan satu dari Padang Pariaman.

Dari korban jiwa tersebut, empat diantaranya disebabkan oleh longsor sementara satu orang terbawa arus banjir. Kebanyakan korban dari banjir di Sumatera Barat telah dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman.

5. Bangunan Rusak

Selain korban jiwa yang masih terus dipastikan, banjir juga telah membuat lebih dari 800 unit rumah di sekitar Nagari Lubuak Pandan dan Nagari Anduriang rusak.

Meski kondisi di berbagai daerah yang terkena banjir di Sumatera Barat telah berangsur membaik, BNPB tetap mengimbau warga tetap waspada. Terlebih cuaca yang belum benar-benar menunjukkan akan menghilangnya hujan.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tinggal di sekitar Kepulauan Mentawai, Kabupaten Pesisir Selatan, Kota Pariaman, Kabupaten Kota Pariaman, Kabupaten Agam, Kabupaten Pasaman Barat, dan Kota Padang tetaplah berhati-hati dan perhatikan imbauan sekitar.

Demikian informasi terkini mengenai banjir di Sumatera Barat dan beberapa daerah yang terdampak karenanya. Kondisi tersebut masih bisa berubah mengingat BNPB masih melakukan pengawasan.

(*)

#Banjir #Longsor #Sumbar #BencanaAlam